Kota Malang Kehilangan Tokoh Karismatik, Gus Lukman (10)

Gus Lukman Meninggal, Prof Bisri Belum Pasti Pimpin Bahrul Maghfiroh

Sep 09, 2017 09:30
Jenazah Gus Lukman saat akan dimakamkan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Jenazah Gus Lukman saat akan dimakamkan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Siapa pengasuh Pondok Pensantren Bahrul Maghfiroh setelah meninggalnya Gus Lukman Al-Karim masih belum jelas.

Kakak kandung Gus Lukman, yakni Rektor UB (Universitas Brawijaya) Prof Dr Ir M. Bisri juga masih belum bisa memastikan apakah nantinya akan memimpin pondok tersebut menggantikan almarhum adiknya.

Baca Juga : Soroti Tagihan Cekik Pelanggan, Bupati LIRA : PDAM Jangan hanya Mau Uangnya Saja

Bisri mengungkapkan, saat ini pihaknya masib sibuk dengan birokrasi memimpin UB. Sehingga ia belum memutuskan bagaimana nantinya kepemimpinan di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh.

"Saya juga kasihan sama anak-anak pondok, siapa yang ngurusi nanti. Saya juga sudah berjanji  sama beliau, saya di sana Gus Lukman di sini," ungkap Bisri saat ditemui di sela-sela menemui para tamu yang melayat.

Sejak awal Bisri memang berjanji kepada Gus Lukman untuk tidak turut campur dalam kepengurusan pondok. Tujuannya agar Gus Lukman bisa maksimal mengurus pondok tanpa campur tangan orang lain.

"Sejak awal berdirinya pondok, saya juga belum tahu bagaimana status pondoknya. Di sini seperti apa, saya belum tahu, karena memang saya janji jalan dengan tugasnya masing-masing. Nanti berembuk dulu sama keluarga bagaimana nantinya," kata Bisri. "Gus Lukman mempunyai putra angkat, bukan putra kandung. Putranya juga masih kecil, kelas lima SD, dan belum bisa (mimpin pondok)," imbuhnya.

Baca Juga : Bupati LiRa Malang: Batalkan Keputusan Mutasi, DPRD Harusnya Bicara

Jenazah Gus Lukman dimakamkan di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh. Sampai kini, masih banyak para santri dan jamaah yang terus berziarah ke makam kiai karismatik tersebut untuk memanjatkan doa. (*)

Topik
Kota Malang KehilanganTokoh KarismatikGus LukmanBahrul Maghfiroh

Berita Lainnya

Berita

Terbaru