Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Malang Soeprapto saat ditemui di gedung dewan, siang ini (4/9/2017). (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Malang Soeprapto saat ditemui di gedung dewan, siang ini (4/9/2017). (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hampir satu bulan tampuk pimpinan DPRD Kota Malang kosong setelah mundurnya Arief Wicaksono pada 10 Agustus lalu. Hingga saat ini, belum ada anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) ditunjuk menggantikan Arief yang melepas jabatan karena menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. 

Sekretaris DPC PDIP Kota Malang Abdul Hakim mengungkapkan pihaknya sudah mendapat panggilan untuk bertemu jajaran DPP PDIP. "Ya benar (ada panggilan) untuk seluruh anggota fraksi. Rencananya besok (hari ini, 5/9/2017)," ujar Hakim saat ditemui MalangTIMES (4/9/2017) di gedung DPRD Kota Malang.

Hakim mengaku belum membaca surat resmi terkait pemanggilan tersebut. "Mungkin untuk semacam wawancara atau fit and proper test. Saya pastinya belum tahu," ujar pria yang juga ketua Komisi B DPRD Kota Malang itu. 

Hakim juga belum mengetahui kriteria seperti apa yang bakal digunakan dewan pusat untuk menentukan pengganti Arief. "Tentunya ada kriteria-kriteria, tapi yang tahu pusat. Suara terbanyak tidak jaminan bisa menjadi ketua dewan," ujarnya. 

Seperti diketahui, berdasarkan Pemilu Legislatif 2014 lalu PDIP menjadi partai pemenang di Kota Malang. Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu mendapatkan 11 kursi dewan. Selain Arief, nama anggota legislatif lain adalah Suprapto, Arief Hermanto, Eka Satriya Gautama, Hadi Susanto, Tutuk Hariyani, Teguh Mulyono, Priyatmoko Oetomo, Tri Yudiani, Erni Farida, Abdul Hakim, dan Diana Yanti.  

Terkait posisinya  sebagai orang kedua di DPC PDIP Kota Malang yang memiliki peluang lebih besar untuk menggantikan Arief, Hakim enggan berkomentar banyak. Dia memilih menyerahkan seluruh mekanisme pada partai. "Semua berpeluang sama. Penunjukan itu kewenangan partai. Siapa pun yang menggantikan Pak Arief nantinya tentu atas pertimbangan matang," tegasnya. 

Sementara itu, hari ini tampak sejumlah anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Malang masih beraktivitas di gedung dewan. "Belum ada pemanggilan itu. Kalau suratnya ada, teman-teman tentu berangkat," ujar Ketua Fraksi PDIP Soeprapto. Dia mengaku tidak mengetahui  kapan jadwal fit and proper test akan dilaksanakan. Selain Soeprapto, tampak juga Wakil Ketua Komisi D Hadi Susanto. (*)