Kanit Dikyasa Iptu Endiex Saat Melatih Para Siswa, Minggu (3/9/2017) (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kanit Dikyasa Iptu Endiex Saat Melatih Para Siswa, Minggu (3/9/2017) (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - 25 Siswa kelas 4-6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Kebonsari Kota Malang, Sabtu(2/9/2017) sampai hari ini, tengah  sibuk melakukan latihan baris-berbaris serta senam lalu lintas.

Hal itu sebagai persiapan dalam mengikuti kompetisi polisi cilik yang diadakan di Polda Jatim yag akan digelar pada Selasa (5/9/2017) mendatang.

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Kebonsari Kota Malang sendiri merupakan sekolah yang ditunjuk untuk mewakili Polres Malang Kota dalam mengikuti ajang tersebut.

Tak tangung-tangung mereka nantinya akan bersaing dengan 39 peserta perwakilan dari Polres yang ada diseluruh Provinsi Jatim.

Kepala Unit (Kanit) Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Malang Kota Iptu Endiex Purwanto, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan bagi siswa serta pengenalan siswa terhadap polisi serta tugas-tugasnya sehingga generasi penerus ini bisa paham dan mengerti jika nantinya mereka berkeinginan menjadi seoarang anggota polisi.

"Pembinaan sudah dimulai sejak sebulan lalu. Selain untuk mengikuti lomba ini juga sebagai pengenalan sosok polisi kepada generasi penerus. Siapa tahu dari mereka nantinya ada yang berkeinginan untuk menjadi seorang polisi," jelasnya.

Sebenarnya di Kota Malang, terdapat 10 sekolah dasar yang telah mempunyai polisi cilik. Namun kali ini Polres Malang Kota memilih MI Islmaiyah Kebonsari untuk mewakili Polres Malang Kota. 

"Dalam latihannya, mereka dilatih dengan beberapa materi seperti baris-berbaris dan gerakan-gerakan dalam lalu lintas. Ada 12 gerakan, seperti stop depan stop belakang, menjalankan dari arah kanan, kiri dan mempercepat dari arah kanan dan kiri serta gerakan lainnya," paparnya.

Dalam lomba pihaknya juga menyampaikan nantinya perlombaan akan dibagi menjadi dua tahap yakni babak penyisihan dan grand final pada Rabu (6/9/2017).

"Ya harapannya bisa tampil bagus dan maksimal. Namun yang terpenting, perilaku disiplin bisa tertanam dalam diri mereka sejak dini," pungkasnya.