Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lapsus Kue Kekinian Artis Ibu Kota Gerus Produk UMKM Malang (1)

Kue Kekinian Artis Ibu Kota Gempur Malang Raya, dari Teuku Wisnu hingga Anang Hermansyah

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Lazuardi Firdaus

02 - Sep - 2017, 09:30

ilustrasi : malangtimes
ilustrasi : malangtimes

MALANGTIMES - Apa yang terbersit di pikiran Anda bila berkunjung ke Malang? Pertanyaan ini mungkin langsung Anda jawab dengan menyebut beberapa oleh-oleh khas Malang. Sebut saja keripik tempe dan berbagai panganan olahan buah apel. 

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Berkunjung ke suatu daerah, Malang misalnya, serasa kurang afdol tanpa membawa buah tangan khas daerah. Namun, beberapa tahun belakangan, oleh-oleh khas Malang bukan hanya apel dan keripik tempe.

Para artis ibu kota mulai membuat oleh-oleh yang mereka sebut kue 'kekinian' khas Malang. Disebut 'kekinian' lantaran para artis itu mengklaim cita rasa produk mereka berbeda.

Buka sejak 20 Desember 2014, artis Teuku Wisnu membuka toko oleh-oleh dengan nama Malang Strudel. Suami artis Shireen Sungkar itu memodifikasi baklava khas Eropa dengan lapis pastry dan buah-buahan. Salah satunya menggunakan apel Malang.

Kue Malang Strudel ini hadir dalam tujuh varian rasa. Yaitu nanas, apel, pisang cokelat, keju, strawberry, jeruk, dan mixfruit. Toko pertama Malang Strudel ada di Jalan Raya Ardimulyo, Singosari, Kabupaten Malang. 

Kini, ada lima gerai baru Malang Strudel di beberapa lokasi di Kota Malang. Dan, ada gerai Malang Strudel tepat di depan Mall Batu Town Square di kota Batu. 

Bukan hanya Wisnu yang melirik Malang sebagai ladang bisnis. Chef berparas cantik Farah Quinn juga punya kue kekinian di Malang. Diluncurkan Mei 2017, Farah menggunakan nama Queen Apple dan Queen Strudel untuk produk kue kekiniannya itu.

Ada dua macam kue yang diproduksi, yakni bolu dan strudel. Kue artis Farah Quinn itu dibungkus box putih. Untuk produk bolu, Queen Apple menawarkan  rasa cinnamon, cheese, chocolate, vanilla, mango, durian, kurma, jack fruit, milk, vla, almond, raisins, dan pineapple. Farah juga punya produk strudel yang dinamai Queen Strudel.

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Masih ada lagi artis ibu kota yang punya produk oleh-oleh di Malang. Penyanyi Anang Hermansyah membuka toko kue bernama Asix di kawasan Jalan Guntur Kota Malang pada Sabtu (19/8/17) lalu. 

Kemasan kue milik Anang dan keluarganya itu cenderung lebih praktis dan colourful. Selain itu, varian rasa kue Asix menggunakan nama anggota keluarga Anang. Misal untuk rasa cokelat diberi nama Acio Chocolava, yang diambil dari nama panggilan anak perempuan mereka, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah. Selain itu, ada nama Jielly Hazeline, Acabi Chizmelt, Loly Rainberry Velvet, Anang Charchoal dan Ash Kayagreen.

Sebenarnya serbuan kue kekinian para artis bukan hanya terjadi di Malang Raya. Sederet artis mulai Indra Bekti, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Prilly Latuconsina, Laudya Cynthia Bella, Ruben Onsu, Sarwendah, Vidi Aldiano, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Zaskia Adya Mecca memiliko toko kue kekinian yang menyasar berbagai daerah di Indonesia. Mereka tergabung dalam satu perusahaan bernama Jannah Corp.

Indra Bekti punya toko kue kekinian yang diberina nama Cirebon Sultana. Sesuai namanya, kue kekinian itu dijual di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Awak media pernah menyinggung fenomena kue kekinian para yang mematikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Apa jawaban Indra Bekti? 

"Tidak dong. Ini tidak mematikan. Untuk UKM di daerah, janganlah ada orang pengin maju malah jatuhnya disiriki. Bukan apa-apa, kok ada yang baru bukannya di-support? Kita ini jual di daerah-daerah malah untuk memajukan. Akhirnya oleh-olehnya khas yang lain juga dibeli. Nggak cuma punya kita. Lalu meningkatkan pendapatan daerah, orang di sekitar terbantu juga. Jadi, jangan dibilang mematikan. Kita saling support, saling bantu untuk maju. Yang kurang maju kita ajak biar maju," jelas Indra Bekti seperti dilansir dari Kapanlagi, Jum'at (26/5/2017).

Benarkah bisnis kue kekinian artis ibu kota  tak membawa dampak buruk bagi UMKM di Malang Raya? Simak penelusuran media online berjejaring terbesar di Indonesia MALANGTIMES terkait dampak bisnis kue kekinian artis ibu kota di Malang. (*)


Topik

Lapsus Kue-Kekinian-Artis-Ibu-Kota Gerus-Produk-UMKM-Malang Teuku-Wisnu Anang-Hermansyah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Lazuardi Firdaus