Wisatawan tampak terkesan dengan melakulan swafoto berlatar belakang tulisan Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang. (foto : Imam Syafii/MalamgTIMES)
Wisatawan tampak terkesan dengan melakulan swafoto berlatar belakang tulisan Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang. (foto : Imam Syafii/MalamgTIMES)

Ber-tagline The Heart of East Java, Pemerintah Kabupaten Malang melalui leading sector Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menangani pengembangan potensi wisata. Di antaranya telah menetapkan 16 desa wisata (DeWi) yang berbasis masyarakat.

Masing-masing desa terpilih kian melakukan beragam inovasi untuk menggali potensi wisata lingkup desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan jumlah kunjungan wisatawan.

Baca Juga : Pasca Corona, Warga Butuh Hiburan, Ini 3 Waterpark Paling Ngehit di Indonesia Bakal Diserbu Wisatawan

Salah satunya DeWi yang diunggulkan warga Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, adalah wisata Cafe Sawah. Wisata yang menjual visual alam persawahan itu disulap menjadi area wahana permainan anak, taman dan kuliner di tengah pematang sawah.

Memang konsep kafe di tengah sawah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menghilangkan penat yang rutin mendengar kebisingan suara kendaraan di perkotaan.

Bila berkunjung ke DeWi bernuansa pedesaan ini, suara bising itu akan hilang begitu saja. Keunggulan wisata ini memberikan nuansa sejuk dan tenang di area persawahan. Sehingga wisatawan akan betah berlama-lama menikmati santapan sajian kuliner berlatar belakang pemandangan hamparan alamnya. Benar-benar bagai "dewi" bagi wisatawan.

Berdasarkan pantauan MalangTIMES, Minggu (27/8/2017) siang itu, para wisatawan tampak bergerombol antre di depan pintu masuk area DeWi Cafe Sawah Pujon Kidul. Di destinasi wisata mandiri ini, wisatawan tak perlu merogoh kocek yang cukup besar. Hanya Rp 8 ribu saja sudah bisa masuk menikmati wahana wisata tersebut.

Harga tiket masuk itu pun tidak hanya untuk membayar parkir kendaraan saja. Dari harga Rp 8 ribu itu, yang Rp 5 ribu Anda mendapat voucher kupon untuk belanja kuliner di Cafe Sawah. Jadi, tiket masuk dan parkir hanya Rp 3 ribu saja. Cukup murah kan.

Memasuki area wisata Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang penuh dengan tanaman hortikulturan seperri wortel, sawi dan tanaman lainnya. Tak hanya itu saja. Fasilitas gubug yang terbuat dari bambu dan jerami bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sembari menikmati menu makanan kuliner yang disediakan pihak Cafe Sawah. Makanannya pun beraneka ragam, mulai dari makanan khas Jawa dan minuman segar lainnya.

Nah, yang paling penting wisawatan ketika berkunjung ke tempat wisata ini adalah melakukan swafoto untuk mengabadikan momennya. Tak perlu khawatir di tempat ini, neragam wahana spot foto yang bisa diambil beragam angle. Di sini ada spot taman kolam yang berbentuk I Love You, branding tulisan raksasa Malang Kabupaten The Heart of East Java dan tulisan Desa Wisata Pujon Kidul lengkap dengan logo hewan capung alasnya.

Baca Juga : Pasca Corona, Warga Butuh Hiburan, Ini 3 Waterpark Paling Ngehit di Indonesia Bakal Diserbu Wisatawan

Akses jalan menuju DeWi Cafe Sawah Pujon Kidul cukuplah mudah. Bila Anda dari arah Kota Malang, harus menuju jalur ke arah Kota Wisata Batu. Sesampai di Alun-Alun Kota Batu, Anda melaju ke Jalan Panglima Sudirman kurus ke Jalan Trunojoyo menuju Jalan Beringin lurus sekitar 3,6 kilometer belok kanan masuk gang Desa Pujon Kidul lurus mengikuti jalan sekitar 360 meter sudah sampai di tempat wisata tersebut.

Salah satu pengunjung asal Pasuruan, Arin Rismayanti, mengatakan dirinya pertama menikmati DeWi Cafe Sawah Pujon Kidul dan merasa terkesan dengan konsep yang berbeda dengan wisata lainnya.

"Selama ini saya lihat foto wisata di media sosial saja. Sekarang saya langsung membuktikan datang ke sini. Wisatanya murah dan pemandangannya bagus. Bisa buat foto selfie juga," kata Arin saat ditemui MalangTIMES usai melakukan swafoto berlatar belakang tulisan raksasa Desa Wisata Pujon Kidul.

Arin mengungkapkan wisata di Kabupaten Malang sangat bagus, terutama wisata Cafe Sawah ini. Selama ini dirinya hanya mengetahui keindahan wisata pantai Kabupaten Malang saja.

"Saya sering ke Pantai Balekambang, Sendang Biru dan Ungapan. Ternyata di sini ada wisata indah juga. Saya nanti upload foto di media sosial dan dipamerkan ke teman-teman kerjanya," ucap perempuan 25 tahun tersebut. (*)