Bagi Comic Asal Salatiga ini Stand Up Comedy Penuh Pesan Hidup, Apa Itu?

MALANGTIMES - Nama Sadana Agung terbilang baru. Pria asal Salatiga itu baru menekuni dunia stand up comedy pada kurun waktu 2012. Kala itu Dana, demikian ia akrab disapa, baru duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ditemui di sela-sela acara Stand Up Seru! Global TV, Dana menceritakan awal mula ia menekuni dunia lawak stand up comedy. "Saya lihat orang lain ketawa saya ikut seneng. Dulu enggak kepikiran ikut kompetisi trus bisa masuk TV," kata Dana. 

Dana lantas bergabung dengan komunitas stand up comedy lokal. Dari situlah karir ia sebagai Comic, sebutan bagi pemain stand up comedy, dimulai. Puncaknya, Dana berhasil menduduki jawara keempat ajang stand up comedy di salah satu stasiun televisi swasta pada tahun 2015 silam.

Bagi Sadana Agung, dunia stand up comedy bukan hanya melawak. Meski seorang Comic pada akhirnya berhasil memancing gelak tawa penonton, tetapi bagi Dana ada pesan kehidupan yang ia sampaikan pada tiap penampilan stand up comedy yang ia lakoni. 

"Saya perannya sebagai anak dusun di daerah Salatiga, daerah asal saya. Pesan yang saya ingin sampaikan meskipun anak dusun tapi jangan sampai kita nyerah dengan keadaan," ungkap pria yang mengenyam pendidikan di Universitas Kristen Satyawacana itu. 

Diakui Dana, membawa pesan itu tidak mudah. Tetapi melalui materi stand up comedy, Dana meyakini penonton tidak saja terhibur tetapi juga mendapatkan pelajaran kehidupan. 

Lantas darimana Dana memperoleh inspirasi materi yang akan ia bawakan kala di atas panggung stand up comedy? Ia mengaku malah dari ngobrol dengan beberapa orang inspirasi itu hadir. 

"Kayak misal pas ngobrol gitu, eh tiba-tiba ada ide ya udah langsung aja saya ketik di handphone saya supaya enggak lupa," kata Dana. 

Sementara itu, tidak hanya Sadana Agung yang hadir di Stand Up Comedy Seru! Global TV. Ada dua nama Comic lain yang juga mengisi keseruan acara yang berlangsung pada Jumat (25/8/2017) malam di Balai Kartini Kota Malang itu. Dua nama itu yakni Wawan Saktiawan dan Mamat Alkatiri. 

Media Online Berjejaring Terbesar di Indonesia MALANGTIMES menjadi satu-satunya media online yang dipercaya sebagai media partner rangkaian Stand Up Comedy Seru! Global TV di delapan kota di Indonesia. 

Tim Creative Stand Up Comedy Seru! Global TV, Deny Wahyu menjelaskan antusias warga Malang terbilang besar. 

"Malang ini kita pilih karena memang komunitas stand up comedy hidup di sini. Dan animo mereka menyaksikan stand up comedy juga tinggi. Dan Malang ini kota kelima kita," jelas Denny. 

Stand Up Comedy Seru! Global TV merupakan rangkaian road show dalam rangka hari jadi Global TV yang kelima belas. "Salah satunya kita bikin program stand up comedy di delapan kota di Indonesia ini," tandasnya. (*)

Top