Kepala Cabang PT Siantar Mobil Indonesia Kia Motors Malang, Ir H Bambang Saloko Kumoro dengan salah satu mobil Kia. (foto: Muhammad Faishol / Malang Times)
Kepala Cabang PT Siantar Mobil Indonesia Kia Motors Malang, Ir H Bambang Saloko Kumoro dengan salah satu mobil Kia. (foto: Muhammad Faishol / Malang Times)

MALANGTIMES - Kia Motors berharap banyak pada mobil murahnya di Malang Raya. Meskipun penjualan tahun ini masih stagnan seperti tahun lalu, dengan bermain di segmen mobil kota entry level, Kia Motors punya beberapa alasan mengapa konsumen Indonesia patut memperhitungkan pabrikan Korea ini.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Beberapa alasan itu disampaikan Kepala Cabang PT Siantar Mobil Indonesia Kia Motors Malang Ir Bambang Saloko Kumoro. Di antaranya, Kia adalah mobil dengan kualitas global. Artinya, standar yang ditawarkan di belahan dunia lain sama seperti yang dipasarkan di Indonesia, bukan disesuaikan satu negara tertentu.

“Coba Mas lihat di Eropa, Timur tengah, dan Asutralia. Di sana pengawasan mobil yang masuk sangat ketat. Harus sesuai kriteria yang mereka tentukan. Nah, Mobil Kia bisa tembus di sana dan dipasarkan di Indonesia dengan kualitas sama. Ada beberapa mobil pabrikan yang di Indonesia digandrungi masyarakat malah di sana (Eropa, Timur Tengah, dan Australia) tidak boleh masuk,” bebernya.

Selain itu, mobil Kia unggul di sisi keamanan. Bukan kantong udara atau pembantu pengereman ABS yang ditawarkan, melainkan kelengkapan keselamatan dasar, yakni konstruksi bodi monokok dengan peredam benturan dari depan. Selain itu, ada lapisan baja keras di pilar B dan bodi samping mobil, mengamankan pengemudi dan penumpang jika terjadi benturan dari samping.

"Konsep morning adalah mobil kota. Artinya kecepatan rata-rata yang biasa dilakukan berkisar 40-50 kpj, karena kemacetan, terutama Jakarta. Kelengkapan ini sifatnya mendasar. Sementara kantong udara perlu kecepaan 60-70 kpj untuk beroperasi. Jadi, memang sifatnya sistem keselamatan standar," sambung mantan supervisor project di Bin Laden Group ini.

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

Keunggulan Kia selanjutnya ada di sisi kenyamanan. Mobil Kia sudah dilengkapi tilt steering yang bisa mengatur ketinggian setir sesuai postur pengemudi. Juga ada sistem audio unik, didesain sesuai kebutuhan anak muda. Tanpa pemutar CD, audio ini bisa memutar radio dan punya konektor USB, konsol micro SD, dan lubang AUX in. Sistem pendingin juga dilengkapi dengan penghangat ruangan jika tengah mengemudi dalam kondisi dingin dan power window untuk dua jendela samping depan.

“Selain itu, kami unggul di sisi desain mobil yang modern, irit bahan bakar, ruang kabin yang lapang, kesenyapan kabin, dan teknologinya yang sudah mempuni,” pungkas Bambang. (*)