Joko Susilo : Keyakinan untuk Menang Bisa Mengalahkan Strategi

Kemenangan Arema FC atas Barito Putera pada pekan ke 21 Liga 1 tak lepas dari tangan dingin Joko 'Gethuk' Susilo.

Sejak menjabat sebagai pelatih kepala, ia sukses membuat mindset setiap pemainnya semakin kuat untuk selalu berfikir agar bisa meraih kemenangan.

Joko 'Gethuk' Susilo adalah pelatih kepala baru untuk Arema FC, namun ia adalah orang lama bagi Aremania dan pecinta sepak bola Malang Raya.

Nama Joko Susilo semakin berkibar setelah dapat membuat Arema FC kembali menemukan karakter khas 'Malangan' dalam dunia sepak bola.

Pelan-pelan ia mulai membangun permainan dan mental petarung para pemainnya untuk turun di Liga 1. Dan pepatah yang mengatakan, "hasil tak akan menghianati kerja keras" sangat cocok disematkan kepada seluruh tim Arema FC.

Bertandang ke Stadion 17 Mei, Arema FC mampu mencuri poin penuh setelah Juan Pablo Pino dan Esteban Viscarra mencetak gol kemenangan.

Joko Susilo mengatakan bahwa kunci utama yang digunakan saat melawan Barito Putera adalah memenamkan keyakinan pada pemainnya agar suasana permainan menjadi lebih baik.

"Bagi saya strategi permainan itu mungkin bukan yang utama. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana menanamkan keinginan untuk bisa memenangkan pertandingan kepada setiap pemain. Dengan begitu pemain akan bisa tampil dengan maksimal," tutur pelatih yang akrab disapa Gethuk ini.

Keleluasaan menjelajah sisi serang Arema FC yang diberikan Joko Susilo untuk Pino menjadi perjudian yang cukup sukses. Karena mantan pemain Galatasaray tersebut mampu menjawabnya dengan permainan bagus dan gol yang indah.

"Babak pertama memang kami sengaja sedikit menurunkan tempo permainan. Karena kami harus bisa menjaga agar babak kedua bisa lebih nyaman dalam bermain. Baru pada babak kedua kemarin kami meningkatkan tempo permainan untuk bisa mencetak gol. Hasilnya kami bisa memenangkan pertandingan," ungkapnya.

Top