Data prakirawan cuaca dari BMKG Atasiun Klimatologi Karangploso Malang.
Data prakirawan cuaca dari BMKG Atasiun Klimatologi Karangploso Malang.

MALANGTIMES - Dalam minggu ini dan beberapa minggu ke depan masyarakat Malang Raya diminta lebih waspada dan berhati-hati. Pasalnya, angin kencang bakal melanda wilayah ini terutama di wilayah Malang Selatan.

Hal ini ditegaskan, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso Malang, Joko Budi Utomo. 

"Diprediksi ada angin kencang dalam beberapa minggu ke depan. Masyarakat harus lebih waspada, karena peluang terjadinya bencana semakin besar akibat meningkatnya pergerakan angin tersebut," kata Joko kepada MalangTIMES, Rabu (16/8/2017).

Menguatnya potensi angin kencang tersebut dipengaruhi dari tekanan tinggi di Samudera Hindia tepatnya di wilayah perairan laut Selatan Jawa.

“Dari tekanan itu hembusan angin menjadi kencang karena disebabkan perbedaan tekanan tinggi dan rendah di Samudera Hindia bagian Selatan itu," terang dia.

Joko mengungkapkan bahwa kecepatan angin pada beberapa waktu terakhir antara 15 sampai 30 knots.

Data kecepatan angin benerapa pekan ke depan ada pergerakan angin dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 - 35 km/jam.

Sementara, kondisi cuaca diprediksi cerah dan berawan dengan suhu udara berkisar 16 sampai 30 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar 54 sampai 92 persen.