Logo Arema FC (Hendra Saputra/MALANGTIMES)
Logo Arema FC (Hendra Saputra/MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Arema FC mendapatkan tenaga baru untuk memperkuat lini belakang pada putaran kedua Liga 1. Pemain Papua bernama Marko Markus Kabiay  resmi milik Singo Edan setelah dua hari mengikuti trial bersama Ahmad Bustomi dkk.

Putaran kedua Liga 1 ini adalah perjalanan cukup berat bagi Arema FC. Pasalnya hingga pekan ke-19 ini, Singo Edan masih berkutat di posisi ke 9 dengan mengumpulkan 27 poin.

Lini belakang dan lini depan Arema FC dinilai masih belum banyak berkontribusi. Khususnya di lini belakang, Singo Edan memang sedang menghadapi badai cedera, karena tandem Arthur Cunha sedang mengalami cedera setelah membela Timnas U-22, ia adalah Bagas Adi Nugroho.

Pemain asing baru, Ahmet Atayev yang sudah memperkuat Singo Edan bermain lebih ke gelandang bertahan. Namun secara pengalaman, pemain nasional Turkmenistan tersebut juga bisa bermain di posisi centre back.

Pelatih Arema FC, Joko 'Gethuk' Susilo mengatakan bahwa perekrutan Marko Markus Kabiay sebenarnya bukan target utama tim berjuluk Singo Edan. Namun keadaan mendesak sehingga harus mengontrak pemain asal Papua tersebut.

"Sebenarnya dia bukan buruan utama kami. Akan tetapi karena memang waktu sudah semakin mepet dan Arema FC juga sangat membutuhkan tambahan tenaga di lini belakang akhirnya kami putuskan untuk mengambil Marko Kabiay," ujar Joko Susilo.

Menurut Joko Susilo, Marko Markus Kabiay diproyeksikan akan menggantikan Bagas Adi Nugroho yang masih dalam proses penyembuhan cedera.

Secara pengalaman, Marko Markus Kabiay cukup memiliki jam terbang karena pernah bermain di Persipura, Persiram Raja Ampat dan salah satu klub di Timor Leste.

"Secara kualitas Marko tidak jauh beda dengan pemain kami sekarang. Tetapi mungkin nanti setelah bergabung sepekan atau lebih dengan pemain lain, mungkin kemampuanya bisa meningkat," kata pelatih yang akrab disapa Gethuk ini.