Bagian kecil wujud program Police Everywhere yang diterapkan oleh Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung adalah Poros Pagi yang disambut apresiasi positif masyarakat, Rabu (16/08) (Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Bagian kecil wujud program Police Everywhere yang diterapkan oleh Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung adalah Poros Pagi yang disambut apresiasi positif masyarakat, Rabu (16/08) (Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bagi masyarakat Kabupaten Malang jangan kaget apabila sekarang sering bertemu dengan polisi dimana-mana. Apalagi sampai mengambil tindakan menghindar dengan adanya anggota kepolisian yang akan semakin aktif berbaur dalam berbagai aktivitas masyarakat.

Pasalnya, Kapolres Malang akan semakin mengintensifkan salah satu programnya yaitu Police Everywhere atau polisi dimana-mana. 

Program ini selain untuk semakin mendekatkan kepolisian dengan masyarakat juga untuk semakin mengikis paradigma negatif yang selama ini melekat terhadap instansi berseragam cokelat ini.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung berharap Program Polisi Dimana-mana benar-benar diterapkan oleh seluruh anggota Polres Malang dalam upaya menguatkan Prometer (Profesional, Modern, Terpercaya) di Kabupaten Malang. 

"Jangan sampai program ini hanya jadi slogan saja. Seluruh kepolisian wajib mengimplementasikannya dalam tugas sehari-hari," kata Ujung, Rabu (16/08).

Program yang akan menempatkan anggota kepolisian dalam berbagai kegiatan masyarakat, baik pengamanan kegiatan masyarakat, patroli, pelayanan masyarakat serta berbagai kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat akan menjadi ruang kehadiran dan aksinya.

"Polisi wajib hadir di tengah masyarakat. Jangan sampai kehadirannya malah membuat masyarakat takut dan merasa dirugikan," ujar Ujung yang yakin dengan Program Police Everywhere akan mampu semakin menguatkan citra positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Contoh kecil dari program Kapolres Malang yang telah berjalan dan mendapat apresiasi positif dari warga,  terlihat di wilayah Sektor Kepanjen. 

Setiap pagi, di jam-jam orang berangkat kerja dan anak-anak sekolah, Kepolisian Sektor Kepanjen, baik pejabat tinggi dan anggota sudah berada di titik atau simpul jalan yang padat arus lalu lintas. Mereka memantau dan sekaligus membantu kelancaran lalulintas agar aktivitas pagi hari berjalan lancar dan tidak menimbulkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Tidak segan-segan, anggota kepolisian juga ikut menyebrangkan para siswa sekolah di tengah padatnya lalu lintas pagi hari. Ini terlihat seperti yang dilakukan Aiptu Kustoko Bhabinkamtibmas Mangunrejo di titik penyeberangan depan SMP Negeri 3 Kepanjen.

"Kedekatan kami dengan warga cukup baik. Tadi anak-anak sekolah kalau mau nyebrang jalan langsung pegang tangan saya dan minta tolong diseberangkan," kata Kustoko.

Dia melanjutkan, anak-anak cukup familiar dengan keberadaan polisi, sehingga tidak ada kesan takut saat mereka membutuhkan pertolongan. Hubungan harmonis dan merakyat inilah yang membuat Kustoko di sela kesibukannya sangat menikmati profesi polisi yang dulu sering kali dicitrakan negatif.

Kapolsek Kepanjen juga mengatakan bahwa berbagai program Kapolres Malang telah semakin mendekatkan dan merangkul masyarakat lebih harmonis dalam suatu hubungan yang saling mengisi.

"Poros Pagi seperti yang dilakukan semua kepolisian adalah contoh kecil kebijakan yang membuat kita merasa lengkap. Bukan sekedar jadi polisi tapi sebagai manusia yang setara," ujar Kompol Mas Akhmad Sujalmo.