Sakichi Toyoda, Peletak Dasar Kesuksesan Toyota

Aug 15, 2017 15:33
Pendiri pabrikan besar mobil di dunia, Sakichi Toyoda.
Pendiri pabrikan besar mobil di dunia, Sakichi Toyoda.

MALANGTIMES - Di balik kesuksesan Toyota sebagai pabrikan otomotif yang saat ini sedang menguasai pasar otomotif dunia, tentu ada sosok pendiri yang luar biasa. Ya, Sakichi Toyoda sang inisiator dan peletak dasar kesuksesan Toyota saat ini.

Baca Juga : Tundukkan Rasa Takut untuk Kemanusiaan, Ini Kisah Bripka Jerry yang Banjir Apresiasi

Dilahirkan Februari 1867 di Shizuoka Jepang, pria ini dikenal sebagai penemu sejak berusia belasan tahun. Pasalnya, sejak muda sudah mengabdikan hidupnya untuk mempelajari dan mengembangkan perakitan tekstil. Tak pelak, di usianya yang cukup belia, 30 tahun, Toyoda sudah berhasil menciptakan mesin tenun otomatis yang di zaman itu tentu sebuah penemuan yang fenomenal.

“Latar belakang inilah yang mengantarkannya sebagai cikal bakal perakitan Toyota, yakni Toyoda Automatic Loom Works pada November 1926,” kata Sales Manager Kartika Sari Toyota Malang Yoseph.

Baca Juga : Glenn Fredly Meninggal Dunia Tepat setelah 40 Hari Kelahiran Anak Pertamanya

Ada ‘lima konsep mengapa’ yang dikembangkan oleh Toyoda sehingga tidak mudah menyerah dalam menghasilkan karya semasa ia muda. Yakni, ketika ada suatu problem ‘bertanya lima kali’ untuk mencoba menemukan sumber masalahnya. Kemudian, menemukan caranya bagaimana suatu problem tersebut tidak terulang. “Konsep inilah yang sekarang digunakan untuk bagian dari standar menerapkan metodologi untuk memecahkan masalah, meningkatkan kualitas, dan mengurangi biaya,” terang Yoseph. (*)

Topik
Sakichi ToyodaToyota

Berita Lainnya

Berita

Terbaru