Jabatan Sekda Kota Malang Kosong, Administrasi Surat Menyurat Terbengkalai

Aug 03, 2017 17:36
Map-map berisi berkas dan surat-surat menumpuk di ruang sekretariat Sekda Kota Malang, Kamis (3/7/2017) (Foto : Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Map-map berisi berkas dan surat-surat menumpuk di ruang sekretariat Sekda Kota Malang, Kamis (3/7/2017) (Foto : Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Proses birokrasi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bisa jadi melambat. Apalagi saat ini posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang tengah kosong sejak Selasa (1/8) lalu.

Sebab per 1 Agustus lalu, Sekda Kota Malang Idrus Achmad purna tugas. Sementara hingga hari ini belum ada pejabat pengganti maupun pelaksana tugas (Plt) yang ditunjuk.

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

Kosongnya jabatan tersebut cukup berimbas pada jalannya pemerintahan. Salah satunya pada proses administrasi surat menyurat yang terbengkalai akibat belum mendapat disposisi dari sekda definitif. Berdasarkan pantauan MalangTIMES, sejumlah berkas dan surat-surat menumpuk di ruang sekretariat Sekda Kota Malang.

"Per 1 Agustus ada 70 surat masuk dari instansi di luar pemerintahan. Kalau dari organisasi perangkat daerah (OPD) kosong, pending (tertunda) sampai pejabat baru dilantik," ujar sekretaris pribadi Sekda Kota Malang Dandy Bambang Cahyono.

Surat-surat itu, lanjut Dandy, terbanyak berupa undangan kehadiran dari kegiatan-kegiatan instansi. Juga ada permohonan audiensi dari masyarakat ke wali kota dan permohonan dukungan kegiatan.

"Sebagian langsung kami serahkan ke wali kota untuk didisposisi ke OPD terkait. Tapi ada juga yang langsung dieksekusi oleh asisten pemerintahan," ujarnya.

Hingga saat ini, belum ada kepastian pelantikan Sekda Kota Malang yang baru. Padahal, panitia seleksi (pansel) lelang jabatan Sekda Kota Malang relay memutuskan tiga nama dari enam orang pendaftar sekda.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Ketiga nama itu telah diumumkan pada, Minggu (23/7/2017) lalu. Nama-nama itu adalah Asisten Pemerintahan dan Kesra Abdul Malik, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jarot Edy S, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Wasto.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, surat keputusan dari Gubernur Jawa Timur dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah diterima Pemkot Malang. Rencananya, pelantikan Sekda Kota Malang yang baru akan dilaksanakan, Jumat (4/7/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jabatan sekdaKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru