MALANGTIMES- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC TMC) Malang pagi ini memusnahkan ribuan barang ilegal mulai dari rokok ilegal, minuman alkohol tanpa izin dan juga berbagai obatan-obatan ilegal yang mengalami tren kenaikan jumlah, Rabu (2/8/2017).

Selama  periode Januari 2017 sampai Juni 2017, KPPBC TMC Malang telah berhasil melakukan penindakan sebanyak 192 penindakan terhadap para pelanggar. Termasuk juga perusahaan yang melakukan pelanggaran cukai, beberapa jenis diantaranya ada pelanggar yang menurun dan mengalami kenaikan.

Kepala KPPBC TMC Malang Rudy Heri Kurniawan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan penindakan penyitaan barang cukai yang tidak sesuai ketentuan seperti rokok, minuman beralkohol dan juga obat-obatan yang memang jelas-jelas melanggar dan merugikan negara.

"Pelanggaran tersebut terbagi dalam beberapa jenis. Untuk pelanggaran hasil tembakau pada tahun 2017 ada sekitar 26 penindakan. Sedangkan pada 2016 ada 25 penindakan,” terangnya saat ditemui di KPPBC TMC Malang, Rabu (2/8/2017).

"Dari jumlah penindakan tersebut, yang dimusnahkan sebanyak 73 hasil penindakan, sedangkan yang lainnya oleh yang bersangkutan masih dalam proses pengurusan administrasi," tandasnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa penurunan jumlah terjadi pada penindakan minuman mengandung ethinol alkohol (MMEA) yang pada tahun 2016 terjadi sebanyak 18 penindakan. Sedangkan pada tahun 2017 turun menjadi delapan penindakan.

"Yang terjadi peningkatan lagi juga pada kiriman melalui jasa pengiriman. Ada 158 penindakan pada 2017 dan 2016 hanya 138, ini rata-rata juga ada kiriman dari luar negeri, seperti sex toys," ungkapnya.