Hasil foto OOTD (Outfit of The Day) fotografer senior asal Malang, Sonny Prasetio (foto via Instagram @sonnyprasetio)
Hasil foto OOTD (Outfit of The Day) fotografer senior asal Malang, Sonny Prasetio (foto via Instagram @sonnyprasetio)

MALANGTIMES Outfit of The Day atau disingkat OOTD ialah sebuah istilah yang merujuk pada gaya berpakaian. Istilah OOTD tentu populer bagi anak muda terutama mereka yang aktif di sosial media Instagram. 

OOTD bukan cuma istilah tetapi kini menjadi sebutan populer menyebut potret gaya busana yang diunggah ke sosial media. 

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Bagi kalangan muda, OOTD tidak lagi sekedar foto. Unggahan foto OOTD kini menjadi sebuah kebanggaan diri. Oleh sebab itu, jangan heran bila banyak anak muda rela merogoh kocek tak sedikit demi menghasilkan foto OOTD yang apik. 

Pernyataan di atas agaknya benar sebab MALANGTIMES berhasil mengungkap gaya hidup anak muda Malang dalam berfoto OOTD. Beberapa dari mereka rela mencari tempat terbaik demi kualitas foto gaya berpakaian istimewa. 

Dalam artikel bersambung yang kami ulas dengan judul "Menguak Rahasia Selebgram Berstatus Mahasiswi di Malang" disebutkan bahwa demi menghasilkan foto OOTD anak muda Malang yang populer di Instagram itu menggunakan kamera berharga super mahal. Selain itu, mereka tak segan menyewa sebuah kafe demi mendapatkan spot foto bagus. 

Pembaca setia MALANGTIMES, anggapan bila kualitas foto ditentukan oleh kamera yang digunakan memang benar. Fotografer senior asal Malang, Sonny Prasetio mengakui benar hal itu. Tetapi, foto OOTD ciamik sesungguhnya bukan hanya masalah kamera. 

Sonny yang menekuni fotografi bidang fashion itu menjelaskan ada yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto OOTD yaitu pemilihan latar foto yang tepat. 

"Kalau foto OOTD yang bagus itu jangan pilih background yang warnanya sama dengan baju karena akan cenderung merusak pakaian," kata pria yang pernah menjadi tenaga pendidik di ITN Malang itu. 

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

Sonny melanjutkan bahwa selain pemilihan latar foto yang tepat, foto OOTD apik dihasilkan dari paduan serasi antara tema busana dengan latar foto. 

"Pilih latar foto yang sesuai dengan tema busana. Misal foto di tempat ini, kesannya kan vintage dan classy gitu ya pilih busana yang sesuai," imbuh Sonny. 

Kala itu, Sonny dan jurnalis media online ini tengah berada di sebuah kafe kawasan Jalan Tenes Kota Malang. Interior pada bagian ruangan cafe bergaya klasik dengan dominasi warna coklat. "Nah kayak gini, banyak warna coklat jadi ya jangan pakai baju warna coklat," saran fotografer yang juga ahli IT itu. 

Sonny lantas menjelaskan apabila dalam bergaya, sebaiknya tidak usah dibuat-buat alias natural. "Trus satu lagi penting foto OOTD itu santai saja, natural gayanya, biar kesannya enggak dibuat-buat," pungkas Sonny. (*)