Desainer berusia 20 tahun asal Malang, Elma Faricha, saat mengikuti ajang Muslim Fashion Festival. (foto: istimewa)
Desainer berusia 20 tahun asal Malang, Elma Faricha, saat mengikuti ajang Muslim Fashion Festival. (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Tak perlu menunggu tua untuk menjadi seorang profesional. Itu pula yang dibuktikan seorang Elma Faricha.

Baca Juga : Viral Desainer Arnold Putra yang Bikin Tas dari Tulang Manusia, Lihat Bentuknya!

Menginjak usia yang baru 20 tahun, Elma telah menapaki mimpi menjadi perancang mode profesional. 

Namanya tercatat sebagai anggota termuda Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang. Tidak sembarang desainer dapat bergabung dengan organisasi itu. 

Kemampuan Elma merancang busana memang patut diacungi jempol. Meski berusia relatif muda, dibandingkan desainer lainnya, Elma berhasil menjadi desainer terpilih yang akan mengikuti ajang Jakarta Fashion Week (JFW) pada bulan September-Oktober 2017 mendatang. 

Saat media online ini mengucap selamat, Elma mengulas senyum. Bagi dia, keikutsertaan sebagai desainer di ajang fashion show bergengsi itu adalah sebuah amanah.

Bagindiama

Itulah yang membuat dara kelahiran 1996 itu tengah mempersiapkan rancangan busana sebaik-baiknya.  "Sekarang masih proses untuk busananya. Yang jelas, akan memberikan yang terbaik dan tentu mengangkat kain Malang," kata gadis berhijab itu.

Baca Juga : Seniman Ini Buat Masker Berkarakter Facehugger di Film Alien, Bisa Cegah Covid-19?

Kesuksesan Elma sebagai perancang mode dimulai sejak ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). "Tertarik sama fashion pertama pas SMP, trus akhirnya masuk sekolah fashion," ujar Elma.

Elma memutuskan masuk sekolah mode Arva School of Fashion. Di kalangan perancang mode, sekolah itu termasuk penghasil desainer ternama. Masuk sekolah mode bergengsi, Elma belajar dengan tekun. 

Berkat semangat dan kegigihannya, Elma berhasil magang di rumah mode desainer Irna Mutiara. Desainer kelahiran Bandung itu dikenal sebagai desainer pelopor baju muslim di Indonesia. "Waktu itu saya magang tapi untuk busana pengantin di rumah mode Ibu Irna Mutiara," ungkap dia.

Apa rahasia Elma bisa berprestasi di dunia mode? Ia mengulas senyum sambil berkata lirih. "Berdoa dan berusaha dan jangan menyerah meski sekolah desain itu cukup sulit," ucapnya. (*)