Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Permudah Pelayanan kepada Masyarakat, Kelurahan Dinoyo Luncurkan Aplikasi 'Sakdino'

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Redaksi

14 - Jul - 2017, 21:19

Wali Kota Malang H Moch Anton (kanan) bersama lurah Dinoyo menunjukkan aplikasi 'Sakdino'di keluarahan Dinoyo, Jumat (14/7). (Humas Pemkot for MALANGTIMES)
Wali Kota Malang H Moch Anton (kanan) bersama lurah Dinoyo menunjukkan aplikasi 'Sakdino'di keluarahan Dinoyo, Jumat (14/7). (Humas Pemkot for MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang H Moch Anton terus menekankan perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk pelayanan di kelurahan.

Merespon hal tersebut, kelurahan Dinoyo meresmikan sebuah aplikasi yang diberi nama Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinoyo (SAKDINO).

Baca Juga : Peduli Warga Daerah Pinggiran Terdampak Covid-19, MHI Kota Malang Salurkan Bantuan

Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh Wali Kota Malang H Moch Anton di Kantor Kelurahan Dinoyo, Jumat (14/7/2017). Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Acara ini dimeriahkan Lomba PKK Kelurahan Dinoyo dan dihadiriKepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Malang Wasto, Lurah Dinoyo Arif Tri Sastyawan, Camat Lowokwaru Imam Badar dan sejumlah kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Hj Farida Dewi Suryani, wali kota yang akrab disapa Abah Anton ini menjelaskan jika produk utama penyelenggaraan pemerintahan adalah layanan publik.

Karenanya, untuk melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, pemerintah daerah dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Kelurahan merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kota Malang dan menjadi tujuan utama masyarakat untuk mendapatkan berbagai pelayanan kependudukan,” kata Abah Anton.

Ruang Command Centre yang akan dibangun pada akhir bulan ini akan digunakan wali kota untuk melakukan kontrol terhadap seluruh kegiatan OPD sehingga peresmian aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis android yang diberi nama “sakdino” ini menuai respon positif dari wali kota.

Baca Juga : Bergerak Mandiri, Baitul Mal Ahad Pon Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

“Saat ini bentuk fasilitasi pemerintah pusat untuk mendorong pemerintah daerah agar kinerja pelayanan publik senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Pengembangan electronic-government dalam penyediaan layanan kepada masyarakat ini juga mendukung Kota Malang dalam pengembangan program smart city,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Dinoyo Arif Tri Sastyawan menegaskan aplikasi "Sakdino" dibuat agar  masyarakat Dinoyo yang sebagian besar sudah berpengalaman menggunakan smartphone bisa menyampaikan keluhan – keluhannya tentang pengurusan administrasi.

Aplikasi ini, lanjutnya, dapat diterapkan tidak hanya di Kelurahan Dinoyo saja, melainkan di seluruh kelurahan di Kota Malang. 


Topik

Peristiwa Permudah-Pelayanan-Masyarakat Kelurahan-Dinoyo Sistem-Pelayanan-Administrasi-Kependudukan-Dinoyo SAKDINO Wali-Kota-Malang H-Moch-Anton


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Redaksi