Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dan Mendag Enggartiasto Lukita melayani permintaan pedagang dan masyarakat untuk berfoto bersama dan salaman saat blusukan di Pasar Besar Kepanjen, Jumat (30/06). (Nana)
Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dan Mendag Enggartiasto Lukita melayani permintaan pedagang dan masyarakat untuk berfoto bersama dan salaman saat blusukan di Pasar Besar Kepanjen, Jumat (30/06). (Nana)

MALANGTIMES - Kedatangan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna yang mendampingi Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita beserta rombongan ke Pasar Besar Kepanjen, Jumat (30/06), membuat pedagang dan masyarakat heboh.

Blusukan pada H+5 Lebaran itu sebenarnya menyasar berbagai pasar daerah. Salah satunya Pasar Kepanjen. Blusukan itu bertujuan meninjau berbagai harga komoditas di pasaran sebelum dan sesudah Lebaran.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Bupati Malang Klaim Penyebabnya Tertular dari Luar

Kondisi Pasar Kepanjen yang sudah ramai pembeli semakin sesak dengan kedatangan dua petinggi dari Partai NasDem itu yang sangat familiar di mata masyarakat. Pedagang dan masyarakat yang kebetulan berbelanja di Pasar Kepanjen langsung heboh. Mereka berebut bersalaman dan berswafoto dengan mendag dan bupati Malang.

Antusiasme tersebut disambut dengan ramah oleh kedua tokoh ini. Mereka dengam sabar melayani permintaan masyarakat. "Masya Allah itu loh Pak Bupati. Ada Pak Menteri juga itu," kata pedagang beras yang langsung menyalami bupati dan mendag.

Sebagian lainnya memberanikan diri untuk berswafoto dan mengabdikan berbagai momen kedua tokoh tersebut. Apalagi, Rendra dan Enggartiasto menyempatkan diri untuk berdialog dengan beberapa penjual di Pasar Besar Kepanjen.

Dalam kesempatan yang sama, Malang TIMES mewawancarai beberapa masyarakat yang ikut berebut bersalaman dan berswafoto tersebut. Aminah (51), warga Dilem, Kepanjen, yang ikut berebut untuk menjabat tangan dengan bupati Malang, mengatakan, pertemuan tidak terduga ini bagaikan berkah tersendiri baginya.

Pedagang dan warga di Pasar Besar Kepanjen manfaatkan kedatangan dua tokoh ini untuk berswafoto (Nana)

"Berkah Mas. Sudah lama tidak bertemu Pak Bupati. Tadi selain salaman, saya juga ucapkan terima kasih atas bantuannya dulu sehingga anak-anak saya bisa sekolah sampai sekarang," ungkap Aminah.

Baca Juga : Dalam Sehari, Korsleting Listrik Sebabkan Kebakaran di Dua Lokasi Kejadian

Hal senada juga diucapkan beberapa pedagang yang pernah bertemu Rendra yang setiap berhenti di bedak dan toko memperkenalkan mendag kelahiran Cirebon tahun 1951 itu. "Dapat bertemu Pak Bupati di sini dan dapat bersalaman sudah berkah bagi saya, Mas. Beliau bupati yang banyak bantu kami," ujar Kasnawi (60), pedagang ikan.

Kedatangan dua tokoh tersebut, selain dalam rangka melihat kondisi harga berbagai komoditas di pasar, juga sebagai ajang menyapa masyarakat dalam bulan Syawal ini. Tentunya, kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh pedagang dan masyarakat yang kebetulan berbelanja untuk bersalaman dan berswafoto. (*)