Dari kanan --Kadishub, Kusnadi, Kapolresta Malang, AKBP Hoiruddin Hasibuan, Wali Kota Malang, H. M. Anton, dan Pimpinan Bank Jatim Cabang Malang, Farid mengibarkan bendera pemberangkatan 15 bus gratis dari Dishub. (foto : Imqm Syafii/MalamgTIMES)
Dari kanan --Kadishub, Kusnadi, Kapolresta Malang, AKBP Hoiruddin Hasibuan, Wali Kota Malang, H. M. Anton, dan Pimpinan Bank Jatim Cabang Malang, Farid mengibarkan bendera pemberangkatan 15 bus gratis dari Dishub. (foto : Imqm Syafii/MalamgTIMES)

MALANGTIMES - Masyarakat merasa senang mendapat angkutan bus mudik lebaran gartis 2017 yang langsung diberangkatkan Wali Kota Malang HM Anton di depan Balai Kota Malang, Kamis (22/6/2017).

Armada gratis yang berjumlah 15 bus ini merupakan program Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang diteruskan ke Dishub Kota Malang.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Pemberangkatan bus mudik lebaran dihadiri Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan, Komandan Kodim (Dandim) 0833 Kota Malang Letkol (Arm) Aprianko Suseno, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Kusnadi, dan Pimpinan Bank Jatim Cabang Malang, Farid.

Bus mudik gratis ini disambut antusias masyarakat Kota Malang yang mudik lebaran untuk berkumpul dengan keluarganya.

Wali Kota Malang HM Anton menyampaikan mudik gratis ini merupakan salah satu kerja sama Pemerintah Kota Malang dengan Bank Jatim serta beberapa perusahaan lainnya yang ada di Kota Malang. 

"Tujuannya supaya  masyarakat Kota Malang dapat berkumpul bareng dengan keluarganya dan salat Idul Fitri di kampung halaman masing-masing," kata Abah Anton. 

Abah Anton menjelaskan mudik gratis ini juga sangat efektif untuk meminimalisir angka kemacetan dan kecelakaan selama perjalanan mudik.

"Saya berharap masyarakat yang mudik ke kampung halamannya nanti kembali ke Kota Malang dengan selamat," tuturnya.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Tercatat 15 bus mudik lebaran gratis ini kuotanya ada 825 orang yang ikut mudik dengan kapasitas 55 kursi satu busnya.

Dimana 6 bus dari Dinas Perhubungan Kota Malang,  4 bus bantuan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur serta 5 bus lagi atas partisipasi dari perusahaan di Kota Malang.

Tahun ini, menurutnya Dishub Provinsi Jatim memberi bantuan dengan menyediakan empat bus, dan sisanya dari Dishub Kota Malang dan pihak swasta.

Sedangkan daerah tujuan mudik gratis tersebut meliputi beberapa wilayah. Diantaranya Madura, Pamekasan, Sumenep, Bojonegoro, Lamongan, Tulungagung, dan Blitar.