Kapolresta Malang AKBP Hoiruddin Hasibuan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolresta Malang AKBP Hoiruddin Hasibuan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Khawatir tindak kejahatan jalanan meningkat jelang lebaran, Polres Malang Kota menerjunkan kekuatan maksimal selama lebaran.

Dari sebelumnya 600 personil yang bertugas di jalanan, selama lebaran jumlah pasukan tersebut akan ditambah sekitar 30 persen.

Kapolres Malang Kota AKBP Hoirudin Hasibuan mengungkapkan, menciptakan suasana liburan agar lebih kondusif pihaknya menginstruksikan kepada jajarannya untuk lebih intensif patroli keamanan di seluruh sudut kota.

"Untuk menjaga kondusifitas selama Lebaran, kami menambah jumlah pasukan manjadi 900 personil yang beroperasi di jalan. Ini kami lakukan agar situasi berjalan tetap kondusif,"papar Kapolres, Rabu (14/6/2017).

Petugas patroli akan ditempatkan  di pusat-pusat keramaian, seperti mal, Alun-alun dan titik lain yang berpotensi terjadi tindak kejahatan.

"Karenanya masyarakat kami imbau agar ikut menjaga, salah satunya dengan tidak memakai perhiasan yang mencolok dan mengundang tindakan kejahatan," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau warga Kota Malang yang berpergian atau mudik ke kampung halaman, agar melakukan 4P sebelum mudik.

Pertama, pastikan Kompor gas, listrik, dan air sudah dimatikan. Kedua, pastikan rumah sudah terkunci.

Ketiga, melapor kepada pihak RT dan RW bahwa rumah dalam keadaan kosong. Keempat, pastikan kendaraan aman dengan dititipkan di Polsek atau Polres terdekat.

"Jangan lupa juga dengan 3s sebelum mudik yakni siapkan diri Anda dan jangan lupa berdoa, siapkan kendaraan Anda, dan terakhir siapkan administrasi kendaran serta pengemudi. Semoga mudik bisa aman, lancar dan selamat sampai tujuan," ungkapnya.