Cari Sekda Baru, Pemkot Malang Lelang Jabatan

Jun 04, 2017 13:16
Wali Kota Malang, H. M. Anton. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Wali Kota Malang, H. M. Anton. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sudah resmi melelang jabatan sekretaris daerah (sekda) yang sekarang masih dijabat Idrus Achmad. Lelang jabatan diterapkan karena jabatan Idrus Achmad berakhir Agustus mendatang.

Wali Kota Malang M. Anton mengatakan pendaftaran pengisian lelang jabatan sekda sekarang sudah dibuka bagi siapa pun. "Calon yang ingin mendaftar bisa dari kalangan Pemkot Malang, tapi harus sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan, yakni dari eselon 2b menjadi eselon eselon 2a," kata Anton.

Lebih lanjut, wali kota yang biasa disapa Abah Anton itu menambahkan, calon pendaftar yang diprioritaskan memiliki satu visi dan misi sesuai dengan kinerja dan tujuan pokok dan fungsi (tupoksi) program kinerja sekda. "Sekda itu mengemban tugas penting dalam membantu program kerja pimpinan pemerintah daerah. Selain itu, sekda menyusun kebijakan dan mengoodinasikan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah Kota Malang," terang suami Dewi Farida Suryani tersebut.

Disinggung apakah sudah ada nama calon pendaftar yang bakal mengisi jabatan sekda, Angin mengatakan sekarang sudah ada empat nama calon yang sudah mendaftar jabatan tersebut. "Ada empat nama calon yang mendafta. Tapi nama-nama ini masih dirahasiakan. Intinya orang itu pastinya pejabat senior di lingkungan Pemkot Malang," ucapnya.

Anton juga akan membentuk panitia seleksi (pansel) lelang jabatan sekda yang rencanannya akan dilaksanakan pada Jumat (9/6/2017) mendatang. "Kami sudah mengajukan tim pansel ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan surat keputusannya sudah keluar. Jadi, kami nunggu pembentukan tim lelang pada Jumat nanti," ujarnya.

Sementara itu, tim panitia seleksi beranggotakan tujuh orang. Di antaranya tiga perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, termasuk Idrus Achmad yang juga menjadi ketua tim dan empat anggota dari kalangan akademisi, yakni beberapa rektor dari universitas di Kota Malang. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jabatan sekdaPemkot MalangLelang Jabatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru