Grafis MalangTIMES

Grafis MalangTIMES



SMK Swasta Bertabur Prestasi  2

MALANGTIMES- Dengan tenaga pendidik yang kompeten di bidangnya serta para lulusan yang banyak terbukti dalam dunia kerja, SMK PGRI 3 Malang terpilih menjadi salah satu sekolah yang terpilih sebagai pilot project peningkatan kompetensi peserta didik SMK Bidang Ketenagalistrikan khususnya Bidang Distribusi dan Pemanfaatan Tenaga Listrik. 

Lukman Hakim Kepala SMK PGRI 3 Malang melalui Humas SMK PGRI 3 Malang mengungkapkan pilot project tersebut diawali dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman antara PLN dengan Diknas Provinsi Jawatimur, Diknas Provinsi DKI Jakarta dan Diknas Provinsi Jawa Barat pada tanggal 30 April 2017.

"Sekolah lain yang terpilih sebagai pilot project antara lain, SMKN 26 Jakarta, SMKN 5 Jakarta, SMKN 2 Bogor, SMK PGRI 3 Malang", jelasnya.

Lanjutnya, program dilanjut dengan peningkatan kompetensi guru SMK yang dilaksanakan selama 13 hari efektif, yaitu 10 hari pembelajaran dan 3 hari uji kompetensi. Sementara itu, jumlah peserta sebanyak 30 guru yang berasal dari empat SMK tersebut.

"Melalui program ini diharapkan siswa SMK dapat menjadi tenaga kerja yang siap terjun ke lapangan, khususnya di bidang distribusi yaitu tenaga pelayanan teknik (Yantek) dan Tenaga Inspeksi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL)," paparnya.

Sementara itu, Manajer Unit Sertifikasi PLN University, Liani Fatmasari juga mengunjungi SMK PGRI 3 Malang untuk meninjau lab dan memberi motivasi kepada siswa, Selasa (23/5/2017).

"Kedatangan beliau mewakili PLN terkait adanya nota kesepahaman dengan Dinas Pendidikan Jatim  untuk di Jatim yang membuka kelas PLN. Peluang kebutuhan tenaga kerja pada Bidang Ketenagalistrikan cukup banyak. Untuk itu perlu dipersiapkan SDM yang kompeten dan prifesional," ungkapnya.

"Melihat kesiapan calon siswa yang akan mengikuti program pilot project tersebut serta kesiapan laboratorium atau tempat praktik. Karena kan merupakan hal yang  terpenting mengingat pembelajaran yang dilaksanakan akan lebih didominasi dengan kegiatan praktik," imbuhnya.

Sementar itu, SMK PGRI 3 sendir juga telah berhasil mewisuda 59 siswa PJB Class SMK PGRI 3 Malang di gedung PJB Surabaya yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian dan Gubernur Jatim serta jajaran pimpinan PLN beberapa waktu yang lalu.

End of content

No more pages to load