Ramadan sampai Lebaran, Stok Elpiji Ditambah hingga 15 Persen

May 26, 2017 14:41
Head Operation Terminal BBM Malang Putut Priangono (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Head Operation Terminal BBM Malang Putut Priangono (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Terminal BBM Pertamina Malang mulai mengantisipasi kekurangan stok elpiji pada momen puasa Ramadan dan Lebaran 2017. Terminal BBM memastikan akan melakukan penambahan stok elpiji 10 sampai 15 persen selama jalannya Ramadan.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Head Operation Terminal BBM Pertamina Malang Putut Priangono mengungkapkan, dari pengalaman terdahulu, konsumsi pemakaian elpiji terus mengalami peningkatan. Hal itu perlu diantisipasi agar tidak terjadi kenaikan harga maupun kelangkaan elpiji. 

"Biasanya kan memang ada tradisi selamatan di beberapa daerah, khususnya seperti Malang ini, sehingga pemakain pun semakin naik elang bulan puasa. Apalagi industri-industri kini juga menambah produksi makanan dalam menyambut Ramadan ini," ungkap Putut. "Penambahan 15 persen memang dirasa cukup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan  puasa," imbuhnya.

Penambahan stok elpiji sendiri terutama dilakukan untuk tabung ukuran tiga kilogram yang memang banyak pemakainya. Pada hari biasa konsumsi pemakaian elpiji ukuran tiga kilogram di Kota Malang per harinya mencapai kebih dari 40 ribu tabung. "Selain elpiji subsidi 3 kg, Pertamina juga meningkatkan stok elpiji non-subsidi kemasan 12 kilogram dan 5,5 kilogram Pertamina sebesar 2 persen di atas konsumsi normal," ucapnya.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Sementara itu, rata-rata konsumsi elpiji tiga kg per bulan selama kuartal I bulan Januari sampai April 2017 sebanyak 3.482.450 tabung. "Agen untuk pangkalan siaga saat ini sejumlah 400 pangkalan yamg tersebar di berbagai titik untuk pemenuhan di hari-hari yang paling urgen seperti awal puasa, hari raya Idul Fitri, hingga pasca-Idul Fitri. Kalau untuk kenaikan tahun sebelumnya hanya sekitar 8 persen," pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Terminal BBMPertamina MalangRamadan dan Lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru