Salah satu koleksi foto model Umirul Sholikhah. Minggu, 14/5/2017. (Foto kiriman Umirul for Tulungagung TIMES)
Salah satu koleksi foto model Umirul Sholikhah. Minggu, 14/5/2017. (Foto kiriman Umirul for Tulungagung TIMES)

Maraknya audisi model dengan berbagai varian dan kategori yang digelar di berbagai tempat membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi seorang model.

Semaraknya audisi model ini juga diikuti munculnya lembaga kursus model atau agency. Selain melatih, siswa yang tergabung agency akan mudah memperoleh informasi audisi, bahkan rekomendasi untuk turut serta audisi.

Dalam sebuah gelaran audisi, sebagian besar peserta berangkat dari berbagai agency. Namun tidak demikian yang dijalani Umirul Sholikhah.

Gadis cantik kelahiran Tulungagung, 6 Mei 1996 yang tinggal di Desa Rejotangan, Tulungagung ini mengikuti audisi model tidak melalui agency, atau independen.

“Sebenarnya menjadi model tidak terlalu menjadi prioritas , karena saya tidak ikut agency walaupun banyak yang menawarkan. Saya tidak selalu ikut lomba, hanya jika ada kesempatan saja” ungkap Umi.

Dari sekian deretan audisi model yang pernah diikuti, Umi pernah peroleh juara 2 Top Model di acara Genbi Fair Hijab Competition 2016 , Juara Favorite Mr-Miss Batik Tulungagung 2016, Juara Harapan 2 Top Model Get move Chalenge 2017 , juara 1 Top Model Batik Nusantara2016, dan juara 2 foto model Batik Nusantara 2016.

Dia mengaku banyak teman yang menawarkan kepadanya supaya jadi artis atau model, tapi belum dia ambil karena masih belum ada kesempatan.

Selain itu dia  lebih mengutamakan pendidikan. Saat ini Umi masih semester 4 jurusan Bahasa Inggris di salah satu Perguruan Tinggi kota Malang.

“Saya ingin jadi orang yang pintar dan bisa membawa good influence kepada orang-orang. Bisa jadi beauty queen seperti Cinta Laura yang pinter, cantik, go internasional adalah impian saya” imbuhnya.

Umi juga berkisah bahwa Cinta Laura dan Maudi Ayunda merupakan bintang favoritnya. Selain itu, dia juga suka pada artis cantik dan pintar serta tidak meninggalkan kewajiban agama. “Artis itu modal tampang. Tapi beuty queen itu tidak cuma cantik, tapi juga harus pintar” tegasnya.

Selain ingin menjadi artis, ia juga ingin menjadi businesswoman.  Bahkan menurutnya, jika sudah jadi artis dan terkenal usaha apa pun menjadi lancar. Intinya jadi artis sebagai batu loncatan untuk usaha mandiri.

Ditanya tentang Tulungagung, Umi mengatakan “Saya bangga jadi orang Tulungagung. Mungkin orang memandang Tulungagung sebelah mata, sebenarnya banyak potensi jika sudah digali," katanya.

Umi juga ke depannya ingin berkontribusi untuk Tulungagung. Dia ingin mendirikan agency supaya bisa membawa turis mancanegara ke Tulungagung.

Selain itu Umi juga berpesan pada genersi muda Tulungagung “Tunjukkanlah kamu itu berbeda. Jika kamu pintar, tunjukkanlah kalau kamu itu pintar” pungkasnya.