Rektor Unikama : Sosok Srikandi Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan Bangsa

May 11, 2017 18:20
Rektor Univeraitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Dr Pieter Sahertian MSi. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Rektor Univeraitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Dr Pieter Sahertian MSi. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rektor Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Dr Pieter Sahertian M.Si menilai sosok Srikandi (perempuan) memiliki peran penting dalam proses pembangunan bangsa.

"Sekarang perbedaan gender sudah bukan zamannya lagi. Kalau dulu perempuan harus dibatasi dalam rumah tangga saja. Sekarang sudah berbeda. Karena Srikandi terbukti mampu menjadi sosok pemimpin bangsa," kata Pieter saat ditemui MalangTIMES usai menghadiri dialog interaktif peringatan Hari Kartini bertemakan menentang sejuta cerita di balik kusutnya kebaya perempuan yang digelar di Aula Auditorium Multikultural Unikama, Kamis (11/5/2017).

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

Pieter membeberkan batasan untuk perempuan pada zaman dahulu dan sekarang. Menurutnya pada zaman dahulu kaum perempuan dipandang sebelah mata yang tak mampu memberikan potensi dan konstribusi bagi keluarga dan bangsa.

"Setelah adanya pergerakan Kartini  derajat dan pendidikan perempuan terangkat  dan potensinya disejajarkan dengan kaum laki-laki," terang Pieter.

Mindset itulah yang mampu mendorong dan mengubah pemikiran perempuan Indonesia hingga semakin menyuguhkan karya yang tidak kalah dengan kaum pria.

"Sekarang sudah terbukti, beberapa Menteri dipimpin kaum Srikandi.  Mereka yang sudah dipilih Presiden, Joko Widodo memang orang-orang yang hebat dan berkualitas dari segi akademik," papar Pieter.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Sekarang ini, lanjut Pieter, sudah waktunya para Srikandi  itu hadir memberikan warna bagi pembangunan bangsa yang menjadi lebih baik.

"Saya berharap  dengan acara ini mahasiswa mampu mengambil sifat dan sikap dari sosok Srikandi yang ditularkan Kartini. Lalu, kami akan selalu memberikan ruang dialog agar inspirasi dan atmosfer perubahan  senantiasa tumbuh di kampus ini," ujar Pieter.

Topik
Rektor Unikamasosok srikandiPieter Sahertian

Berita Lainnya

Berita

Terbaru