Pengarahan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada seluruh TNI di hanggar Skuadron 32 Lanud Abd.Saleh Malang, Selasa (02/05) kemarin. (Kodim for MALANGTIMES)
Pengarahan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada seluruh TNI di hanggar Skuadron 32 Lanud Abd.Saleh Malang, Selasa (02/05) kemarin. (Kodim for MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Kehadiran Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di hanggar Skuadron 32 Lanud Abd.Saleh Malang, Selasa (02/05) kemarin, memberi amunisi kepada sekitar 2.400 prajurit dari tiga matra: Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Amunisi panglima TNI tersebut berupa acara semangat pagi melalui yel-yel yang mampu membangkitkan semangat dan rasa syukur seluruh prajurit TNI dalam menjalankan amanahnya, menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Dalam acara yang dihadiri Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, Danpasmar I Surabaya Brigjen TNI Mar Lukman, Danrem 083/Bdj Kolonel Arm Budi Eko Mulyono, Danlanal Malang Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono,  Komandan Kodim 0818 Wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu Letkol Arm Muridan bersama Danramil, serta anggota koramil Jajaran Kodim 0818 .

Acara semangat pagi dengan yel-yel 'pagi, pagi, pagi luar biasa' yang dikumandangkan oleh seluruh prajurit TNI ini memiliki makna cukup dalam.

"Acara yang langsung dihadiri panglima ini dalam upaya men-support prajurit serta menguatkan rasa syukur kita semua," kata Dandim 0818 Letkol Arm Muridan, Rabu (03/05).

Dia juga mengatakan, panglima TNI selalu menekankan rasa syukur sejak prajurit bangun tidur setiap pagi. "Setiap hari adalah anugerah yang luar biasa dan kehidupan yang baru. Karena itu, biasakan   mengawalinya dengan berdoa sesuai agamanya masing masing," kata  Gatot Nurmantyo. 

Gatot juga menjelaskan bahwa dalam doa yang dilafalkan dan dihayati setiap pagi akan mampu membantu prajurit dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. "Betapa indah dan kuatnya doa pagi kalau kita aplikasikan setiap harinya dalam bertugas," imbuhnya. 

Muridan juga menambahkan bahwa pengarahan rohani oleh panglima TNI bisa jadi amunisi kuat dan luar biasa bagi prajurit. Luar biasa pertama karena panglima TNI memiliki prajurit TNI yang hebat sehingga Presiden RI Bapak Joko Widodo menyatakan TNI adalah institusi yang terpercaya.

Luar biasa yang kedua karena prajurit  hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketiga karena TNI adalah gabungan dari satuan apa pun baik TNI AD, TNI AU, ataupun TNI AL.

"Luar biasa keempat, prajurit adalah manusia manusia yang luar biasa karena bertugas melindungi segenap rakyat Indonesia,"ujar Muridan.

Berbagai luar biasa yang disampaikan Gatot kepada seluruh prajurit, selain dedikasi,  loyalita, dan kerja keras, baik dalam melaksanakan tugas pengamanan pilkada, pilkades, Perang Narkoba serta bersih korupsi, membuahkan hasil yaitu TNI menjadi lembaga terbaik dengan kepercayaan publik tertinggi. (*)