Kepala SMK PGRI 3 Malang Lukman Hakim (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala SMK PGRI 3 Malang Lukman Hakim (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - SMK PGRI 3 Malang meraih prestasi tingkat Jatim di bidang akademik. Itu ditunjukkan SMK PGRI 3 Malang dengan menempati peringkat 7 nilai ujian nasional (unas) terbaik di Jawa Timur.

Yang juga membanggakan, 15 siswa dari beberapa jurusan di SMK PGRI 3 Malang mendapatkan nilai 100. Teori kejuruannya pun mendapatkan nilai 100.

Untuk mata pelajaran lain, seperti bahasa Inggris, nilainya tak kalah bagus, yakni 98,50. Untuk bahasa Indonesia, nilai yang dibukukan juga bagus. Yakni ada 18 siswa yang mendapat nilai di atas 90.

"Untuk bahasa Indonesia, ada lima siswa yang mendapat nilai di atas 97 dan ada 10 siswa yang mendapatkan  97," ungkap Kepala SMK PGRI 3 Lukman Hakim.

Dia menyatakan kebanggaannya atas prestasi siswanya. "Pastinya sangat senang sekolah kami mendaptakan peringkat 7 se-Jatim," ucap Lukman. /p>

Di SMK PGRI 3 sendiri, banyak siswa yang sudah diterima bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Misalnya Pembangkit Jawa Bali (PJB). "Anak kelas pembangkit yang mendapatkan nilai bagus ini juga diterima di PJB. Insya Allah per tanggal 10 mereka sudah mulai penempatan kerja. Enam siswa nantinya juga akan diwisuda oleh menteri BUMN di Gedung Grahadi Surabaya," kata Lukman.

Kelas pembangkit sudah dimulai sejak kelas 11. Proses rekrutmennya saat mereka praktik kerja sebagai portofolio. Mereka yang belum lolos akan ikutkan pada program reguler atau program lain. "Kami juga sudah bekerja dengan PLN. Kelas pembangkit akan kami bagi dua kelas, yaitu kelas PLN yang kerja sama dengan PLN dan kelas pembangkit," ujar Lukman.

Dia menambahkan bahwa ada siswa SMK PGRI 3 yang diterima STT PLN sebanyak dua orang. "Nah kami  nantinya akan merekomkan siswa peringkat tujuh unas se-Jatim ini ke STT PLN. Siapa tahu mereka bisa dapat beasiswa di sana," pungkasnya. (*)