Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menargetkan program Ultra Mikro (UMI) sistem keringanan pinjaman bagi pengusaha UKM dan Industri Usaha Mikro (IKM) bakal selesai Mei mendatang.

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Dia berharap program UMI mampu mewujudkan pemerataan perekonomian suatu daerah.

"Target program ini adalah pemilik usaha UKM dan IKM serta koperasi. Manfaatnya untuk meringankan beban pengusaha dalam hal permodalan," kata Puspayoga.

Dia menerangkan melalui program ini para pengusaha bisa meminjam modal usaha melalui koperasi dan lembaga keuangan non bank yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

"Jadi pengusaha UKM yang pinjam modal di bawah Rp 10 juta bunganya gratis tanpa agunan," ungkapnya. Dia menjelaskan, sekarang ini pemerintah masih dalam proses pengkajian. 

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Sekarang pemerintah masih memetakan jumlah industri yang bisa dibantu permodalan dengan program UMI tersebut.

"UMI ini program kali pertama yang akan diterapkan di Indonesia, dibidang koperasi dan UMKM, maka kami perlu menganalisa perkembangan UKM di setiap daerah sebelum menerapkan program ini," paparnya.