Pesawat TNI AU yang berada di halaman parkir MOG (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Pesawat TNI AU yang berada di halaman parkir MOG (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ada pemandangan berbeda di halaman Mall Olympic Garden (MOG), Senin (17/4/2017) hari ini. Sebuah pesawat terbang yang harusnya berada di lintasan bandara atau lapangan udara malah terparkir di halaman MOG.

Sontak, pemandangan berbeda ini menyedot perhatian pengunjung yang berlomba-lomba mengerumuni pesawat tersebut.

Ternyata, ini bukan tidak disengaja. Pesawat ini sebelumnya memang sengaja diangkut dari Bandara Abdurrahman Saleh dan diparkir secara rapi di halaman parkir MOG.

Pesawat tersebut sengaja didatangkan untuk mengikuti pameran Dirgantara memperingati HUT TNI AU yang ke 71.

Komandan Lapangan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Julexi Tambayong mengatakan dalam pameran Dirgantara ini, TNI AU berusaha mengenalkan tentang TNI AU dan tugasnya kepada masyarakat dengan menampilkan alutsista yang dipunyai TNI AU.

"Pada pameran Dirgantara kali ini juga ditampilkan replika pesawat-pesawat serta peralatan yang dimiliki TNI AL seperti pendeteksi radar dan alat simulasi kokpit pesawat terbang yang biasa digunakan untuk latihan menerbangkan pesawat," tandasnya kepada MalangTIMES.

Selain mengenalkan TNI AU beserta peralatannya, pameran ini juga dimaksudkan agar bisa menarik dan menjaring para kesatria-kesatria muda untuk menjadi pasukan TNI Angkatan Udara yang mumpuni.

"Harapannya, bisa ada calon-calon  Kesatria  terbaik untuk menjadi  anggota TNI Angkatan Udara setelah melihat  pameran ini. Sekaranglah waktunya,  mengingat pemimpin dari kesatuan Angkatan Udara, juga merupakan putra terbaik dari Malang yaitu Marsekal Adi Cahyanto," ujarnya usai pembukaan pameran.

Pameran Dirgantara ini juga dimaksudkan sebagai edukasi dan menambah wawasan bagi masyarakat tentang dunia kedirgantaraan, khususnya di tubuh TNI AU yang memiliki peran penting dalam pengamanan negara.

Selain memamerkan alutsista TNI AU, dalam pameran juga ditunjukkan bahwa TNI tidak hanya bisa berperang, namun juga bisa melakukan hal lain seperti menampilkan dance yang dibuktikan dengan penampilan pilot dance yang menari dengan gerak yang apik.

Selain itu, disajikan juga pertunjukan tarian dan modelling dari SMK Penerbangan Singosari.

"Kami juga adakan pemilihan Putra-Puteri Dirgantara yang nantinya pemenang utama akan lolos dan mendapat rekomendasi untuk masuk TNI AU. Namun bukan berarti bisa masuk secara langsung, tapi akan mendapatkan atensi lebih dari kami," pungkasnya.