Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Damkar Kota Malang akan Luncurkan Aplikasi Laporan Kebakaran

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Redaksi

30 - Mar - 2017, 20:25

Plt Kasatpol PP Kota Malang, Dicky Haryanto (Dok/ MalangTIMES)
Plt Kasatpol PP Kota Malang, Dicky Haryanto (Dok/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masyarakat Kota Malang yang sedang mengalami musibah kebakaran nantinya tidak akan kesulitan menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk meminta bantuan.

Untuk mempercepat akses penyampaian informasi tentang peristiwa kebakaran dari masyarakat, Damkar Kota Malang tahun ini akan meluncurkan aplikasi online yang bisa didownload di playstore. 

Aplikasi ini akan membantu memudahkan masyarakat melaporkan secara langsung kejadian kebakaran yang dilihatnya.

Plt Kepala Satpol PP Kota Malang Dicky Haryanto mengungkapkan aplikasi untuk Damkar ini akan dibuat setidaknya mirip dengan aplikasi Panic Button milik Polresta Malang.

"Aplikasi ini sepertinya merupakan aplikasi yang pertama di Indonesia milik Damkar. Daerah lain sepertinya belum menerapkan hal ini," bebernya.

Aplikasi ini akan dibuat sebisa mungkin menghindari oknum-oknum yang biasa iseng membuat laporan palsu tentang kebakaran.

Untuk itu, aplikasi ini akan didesain sedemikian rupa agar tidak seorang pun bisa iseng melaporkan peristiwa kebakaran lewat aplikasi ini.

"Oleh karena itu, kami sedang memikirkan format aplikasinya agar tidak disalahgunakan oknum tak bertanggung jawab," jelasnya.

"Bisa saja nanti pelapor harus memasukan foto kebakaran di lokasi seperti yang dilaporkan untuk membuktikan bahwa peristiwa tersebut benar-benar terjadi," imbuh Dicky

Oleh karena itu, selain memaksimalkan peran Linmas di masing-masing kelurahan yang bertugas mengecek kejadian yang dilaporkan, dengan aplikasi ini informasi tentang peristiwa kebakaran bisa segera tersampaikan kepada petugas pemadam kebakaran. 


Topik

Peristiwa damkar-kota-malang aplikasi-laporan-kebakaran


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Redaksi