Suasana UNBK di SMK PGRI 3 Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalamgTIMES)

Suasana UNBK di SMK PGRI 3 Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalamgTIMES)



MALANGTIMES - 720 siswa SMP mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK PGRI 3 Malang secara cuma-cuma. Sebanyak sekitar 320 PC dengan cadangan 40 laptop disiapkan untuk mendukung kegiatan ini.

Tak hanya itu, SMK PGRI 3 Malang juga telah mempersiapkan server yang mumpuni serta jaringan yang baik untuk melancarkan simulasi UNBK.

Yanri Nur Wibowo Ketua Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) yang juga Ketua Pelaksana  UNBK mengatakan, dalam simulasi UNBK tingkat SMP ini semua biayanya murni dari SMK PGRI 3 Malang.

"Ini merupakan upaya dari SMK PGRI 3 Malang dalam berkontribusi membantu meningkatkan mutu pendidikan di Kota Malang, dengan menggelar UNBK sekaligus pengenalan perangkat bagi siswa SMP agar lebih familiar," tandasnya.

Ia menambahkan, sebelumnya SMK PGRI 3 juga sudah melakukan simulasi UNBK ke sekolah-sekolah SMP dengan menggunakan tablet. Namun ternyata dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) juga mewajibkan untuk melakukan simulasi UNBK.

"Pelaksanaan simulasi ini soalnya langsung dari pusat. Juga dipantau oleh pusat, dan dilihat apakah memang SMK PGRI 3 ini mampu atau tidak menggelar UNBK," tambanhnya.

Untuk ujian kali ini, perkelas diisi oleh 20 siswa dengan dilengkapi satu buah server. Satu server sendiri dapat diakses oleh 40 client.

"Untuk kelas yang digunakan UNBK kami siapkan sebanyak 16 kelas, karena agenda ini, maka sementara kami liburkan untuk kelas 10. Untuk peserta diantaranya ada dari SMP PGRI 1 Karangploso, SMPN 1 Karangploso dan juga SMPN 1 Dau," beber Yanri.

Tak hanya bagi siswa, para orangtua pengantar pun diberikan layanan khusus oleh SMK PGRI 3 ketika para putranya mengerjakan simulasi ujian.

"Kami kayani orang tua jika mau bertanya seputar UNBK. Soalnya banyak orang tua yang takut anaknya ujian dengan komputer malah nilainya jelek. Untuk itu kami memberikan pemahaman kepada orang tua bahwa UNBK lebih praktis dan mudah sehingga tidak khawatir lagi," ungkapnya.

Sedangkan untuk pengumuman hasil dari simulasi UNBK ini akan diumumkan melalui website, sehingga para guru bisa mendowload hasil dari ujian murid sekolah mereka masing-masing.

End of content

No more pages to load