Tim Sapu Jagad Siap Amankan Pelajar yang Rayakan Valentine Day

Feb 11, 2017 19:42
Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji melarang pelajar Kota Malang merayakan Valentine Day (foto: Imam Syafii/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji melarang pelajar Kota Malang merayakan Valentine Day (foto: Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji dengan tegas melarang pelajar merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day yang jatuh pada 14 Februari nanti. Bahkan pemkot sudah menyiapkan Tim Sapu Jagad untuk mengamankan para pelajar yang nekat merayakannya.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Pelarangan itu dipertegas melalui Dinas Pendidikan Kota Malang yang sudah mengeluarkan Surat Edaran pada 9 Februari lalu ke sekolah se-Kota Malang. Surat Edaran berisi tentang larangan merayakan hari kasih sayang. Bila ada siswa SD dan SMP merayakannya di dalam maupun di luar sekolah akan dikenakan sanksi sesuai yang ada di peraturan itu.

Bahwa dalam surat itu tertulis, tujuan dilarangnya perayaan Valentine Day untuk menjaga pelajar agar tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan norma sosial dan budaya Indonesia.

Tentang permasalahan itu, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan pemkot mengeluarkan surat itu lalu diteruskan ke Dinas Pendidikan agar disampaikan kepada siswa dan wali murid.

"Bahwa perayaan pesta Valentine itu sebenarnya tidak ada bahkan tidak pernah ada. Karena itu pemerintah memberikan imbauan untuk menghindari kejadian hal-hal negatif," terang dia. 

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

Dia melihat dampak Valentine Day sekarang ini, anak SD dan SMP, yang hanya cenderung ikut-ikutan dan tidak tahu betul apa makna dari perayaan itu.

Disamping itu, sanksi bila ada pelajar yang melanggar akan ditindaklanjuti masing-masing sekolah. Tapi bila ada pelanggaran moral yang bertindak pemerintah menjatuhkan sanksi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 

"Pemkot memiliki peraturan daerah (Perda) Sapu Jagat bagi pelanggar dalam menjaga kondusifitas kota. Nanti pas Valentine Day pada 14 Februari kami akan melakukan operasi dengan mengerahkan anggota Satpol PP untuk melakukan Sapu Jagad," ujar Sutiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
melarang pelajarvalentine day14 Februari

Berita Lainnya

Berita

Terbaru