Wali Kota Malang, H. M. Anton (tengah) memberikan simbolisasi bibit pohon kepada warga untuk ditanam di bantaran sungai (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Wali Kota Malang, H. M. Anton (tengah) memberikan simbolisasi bibit pohon kepada warga untuk ditanam di bantaran sungai (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES– Pemerintah Kota Malang melakukan reboisasi penanaman 5.000 bibit pohon di bantaran sungai yang berada di Jalan Terong, RT 06 RW 03, Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Jumat (10/2/2017).

Wali Kota Malang, H. M. Anton dalam hal ini menyampaikan penanaman pohon ini dalam rangka menjaga lingkungan dan konservasi alam.

“Sebuah program yang sangat penting manfaatnya untuk menanggulangi global warming. Mengingat telah terjadi degradasi hutan yang kian marak terjadi,” kata pria yang kerab disapa Abah Anton tersebut.

Dalam reboisasi ini, ia bersinergi dengan SKPD, Perhutani, Jasa Tirta II untuk menanam bersama sekitar 5 ribu bibit pohon. Bibit tersebut ditanam dan disebarkan di area wilayah bantaran sungai di lima kecamatan.

"Bibit pohon kami sebar penanamannya di titik-titik bantaran sungai yang butuh penyegaran tanaman. Supaya untuk menekan kejadian longsor, erosi dan banjir," ungkap pria pemilik kusri N1 tersebut.

Diharapkan dengan penanaman bibit pohon ini dalam jangka waktu kedepan akan memberikan oksigen dan konservasi air yang bermanfaat bagi banyak orang. 

"Ini merupakan langkah nyata Pemkot Malang. Selain itu Korem-Kodim juga melakukan sosialisasi ke instansi militer untuk menyebarkan tanam bibit pohon di daerah lainnya," tuturnya.

Dia menganggap bahwa TNI sebagai motor dan motivator yang membaur dengan masyarakat, terutama dalam hal peduli lingkungan.

"Jenis pohon yang ditanam diantaranya trembesi, sirsak, sengon, kosambi, bintaro, mundu sampai bibit nangka," terangnya.

Dia menyampaikan, lingkungan alam ini akan diwariskan kepada anak cucu dimasa depan, sehingga penghijauan harus berkesinambungan dan berkelanjutan. Tidak hanya sekedar berhenti menanamnya saja namun juga selanjutnya untuk merawatnya agar tumbuh.