Shakemap BMKG menunjukkan gempa bumi berkekuatan 4,9 SR yang mengguncang Malang, Lumajang, Jember, Trenggalek, Tabanan. (fot: istimewa)
Shakemap BMKG menunjukkan gempa bumi berkekuatan 4,9 SR yang mengguncang Malang, Lumajang, Jember, Trenggalek, Tabanan. (fot: istimewa)

MALANGTIMES - Kembali terjadi gempa bumi di wilayah Kabupaten Malang. Kali ini gempa berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) mengguncang Malang Selatan. Kejadian tersebut juga mengguncang Lumajang, Jember, Trenggalek, Tabanan, Rabu (8/2/2017).

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Menurut data yang dihimpun MalangTIMES melalui Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates, Musripan, SE menyampaikan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 00:21:49 WIB. 

"Kekuatan gempa 4,9 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.53 Lintang Selatan dan,113.11  Bujur Timur, pada kedalaman 126 kilometer (45 km barat daya Lumajang)," kata Musripan.

Peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi dirasakan di daerah Malang, Lumajang, Jember, Trenggalek, Nusa dua, Tabanan sampai Bali.

Dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau ( IIIMMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi Barat Daya Lumajang yang terjadi, hingga laporan disusun pada pukul 01.00 WIB belum ada aktivitas gempa bumi susulan," ungkapnya.

Pemicu gempa bumi ini diperkirakan adalah aktivitas sesar di Samudera Hindia. Tidak berpotensi Tsunami. Diimbau agar masyarakat tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG