Kenali Manfaat Merangkak, Bayi di Malang Adu Cepat Merangkak

Feb 05, 2017 12:51
Peserta lomba merangkak bayi di PAUD Omah Bocah Annafi' Kota Malang (Foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Peserta lomba merangkak bayi di PAUD Omah Bocah Annafi' Kota Malang (Foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ada pemandangan lucu nan menggemaskan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Omah Bocah Annafi' Griya Shanta L301 Kota Malang, pada Minggu (5/2/2017).

Bayi-bayi usia enam bulan hingga satu tahun mengikuti lomba merangkak yang digelar oleh pihak sekolah.

Baca Juga : WORO & The Night Owls Gebrak Maret dengan Album Perdananya

Tingkah polah menggemaskan enam bayi yang berasal dari berbagai daerah di Kota Malang itu pun menarik perhatian.

Berbagai cara dilakukan agar para bayi mau merangkak menuju ibunda mereka, mulai dari memperlihatkan boneka hingga mainan. Bayi Fathir Abimana Khalidi berhasil menjadi pemenang lomba merangkak.

Sang ibunda, Fiella Rachmatika mengaku sang anak memang tergolong bocah aktif. Bayi tampan berusia satu tahun itu lah yang dinilai dewan juri paling cepat dan tangkas dalam merangkak.

"Lihat kakaknya dia jadi tambah aktif. Apalagi kalau sudah melihat barang yang ia suka seperti Micky Mouse pasti dia lebih aktif lagi," ungkap wanita yang tinggal di Jalan Candi Mendut Selatan itu saat ditemui MALANGTIMES, pada Minggu (5/2/2017).

Selain Fathir, ada dua bayi lain yang didaulat menjadi pemenang lomba merangkak yakni Alya Nabila dan Quilliam Rasyid. Peserta lomba merangkak ini total berjumlah enam bayi yang berada di rentang usia enam hingga satu tahun.

Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Omah Bocah Annafi' Evi Widiya Sukmawati menjelaskan apabila lomba merangkak digelar untuk merangsang motorik bayi.

Baca Juga : Film Dokumenter The Beatles 'Get Back' Rilis September 2020

"Lomba ini kami gelar agar kita bisa mengetahui tingkat kecerdasan kinestetik seorang bayi. Bagaimana cara dia merangkak, sudah betul apa belum posisi kaki dan tangan bayi saat merangkak," jelas wanita berkacamata itu.

Sementara itu, dilansir dari situs kesehatan Bidanku.com diketahui bahwa dengan merangkak kekuatan anggota badan bayi menjadi lebih terlatih.

Dari pantauan MALANGTIMES, situs tersebut menyebutkan manfaat merangkak diantaranya adalah leher, tangan sendi, otot besar dan kecil juga dapat menunjang koordinasi mata dengan tangan sehingga lebih seimbang dan terampil.

Manfaat lainnya yang dapat diambil dari kemampuan  merangkak adalah dapat membantu dalam perkembangan dan pemahaman bahasa dikarenakan bayi dapat dirangsang untuk menggunakan kedua telinga secara simultan dan mengembangkan pendengaran kedua telinganya. (*)

Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru