Napak Tilas Perbankan di Malang

Sejarah Bank Negara Indonesia Terus Membangun Negeri

Feb 03, 2017 13:39
Sejarah Bank Negara Indonesia (BNI Kantor Wilayah Malang for MALANGTIMES)
Sejarah Bank Negara Indonesia (BNI Kantor Wilayah Malang for MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Sesuai dengan UU nomor 17 tahun 1968 sebagai bank umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946, BNI bertugas memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional.

Berdasarkan sejarah BNI dari masa ke masa diketahui bahwa BNI sejak awal telah merintis bank khusus yang melayani nasabah wanita yakni Bank Sarinah yang seluruh petugasnya wanita, sedangkan Bank Bocah bertujuan memberikan edukasi bagi anak-anak untuk menabung sejak dini.

Baca Juga : Tundukkan Rasa Takut untuk Kemanusiaan, Ini Kisah Bripka Jerry yang Banjir Apresiasi

Lebih lanjut, Pimpinan Kinerja Bisnis dan Pengelolaan Jaringan BNI Kantor Wilayah Malang Dinie Suryani menjelaskan setelah krisis keuangan melanda Asia pada tahun 1998, BNI melakukan program restrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk membangun dan memperkuat reputasi BNI. Identitas baru ini dengan menempatkan angka '46' di depan BNI.

Sementara itu, ternyata logo BNI dari berganti dari masa ke masa. Dari catatan sejarah yang diberikan kepada MALANGTIMES tercatat bahwa sejak berdiri tahun 1946 hingga tahun 1988, BNI sudah menggunakan logo dengan akronim BNI (Bank Negara Indonesa) yang sekaligus menunjukkan tahun berdirinya 1946.

Dengan menggunakan latar belakang berwarna merah dan huruf berwarna kuning, logo ini terlihat sangat mencolok.

Perubahan logo BNI terjadi pada tahun 1988 dengan merombak total semua bentuk desain dan warnanya. Jika sebelumnya dominan dengan warna merah dan kuning, logo baru BNI pada saat itu lebih dominan warna biru dan sedikit warna oranye.

Baca Juga : Glenn Fredly Meninggal Dunia Tepat setelah 40 Hari Kelahiran Anak Pertamanya

Obyek baru muncul dalam logo BNI, yakni sebuah kapal layar dengan aksentuasi warna oranye pada badan kapalnya. Logo ini lebih terlihat elegan jika dibanding sebelumnya.

Identitas baru BNI kembali diluncurkan kepada publik pada tahun 2004 lalu. Penyederhanaan logo sangat tampak dari berkurangnya berbagai elemen grafis yang ada pada desain sebelumnya. (*)

Topik
Bank Negara IndonesiaEkonomi Nasional

Berita Lainnya

Berita

Terbaru