Napak Tilas Perbankan di Malang

Bangunan Bank Indonesia di Malang Pernah Dibumihanguskan

Feb 01, 2017 17:54
Gedung Kantor Bank Indonesia Cabang Malang pernah hancur dan dibangun kembali pada tahun 1923 (Bank Indonesia Cabang Malang for MALANGTIMES)
Gedung Kantor Bank Indonesia Cabang Malang pernah hancur dan dibangun kembali pada tahun 1923 (Bank Indonesia Cabang Malang for MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Berdasarkan Sekilas Sejarah Kantor Cabang Bank Indonesia (BI) Malang, tertulis bahwa kantor Bank Indonesia itu merupakan sebuah rumah swasta yang sementara dipergunakan sebagai gedung kantor. 

Gedung kantor yang permanen baru dibangun sekitar lima tahun setelah pendirian kantor Bank Indonesia Cabang Malang bersamaan dengan pembangunan gedung-gedung Kantor Cabang di Banjarmasin, Pematang Siantar, dan Rembang. 

Baca Juga : Tundukkan Rasa Takut untuk Kemanusiaan, Ini Kisah Bripka Jerry yang Banjir Apresiasi

Pada saat terjadi agresi Belanda kedua pada Juli 1947 rupanya gedung di Malang termasuk salah satu gedung penting yang ikut dibumihanguskan. Seluruh bagian gedung terkecuali khazanah hancur karena peledakan bom seberat 100 kilogram. 

Seluruh dinding retak-retak dan plester semen terkelupas. Atap gedung hancur sehingga memaksa perbaikan gedung harus dilaksanakan secara total. 

Dari arsip yang diberikan pada MALANGTIMES, diketahui bahwa gedung Bank Indonesia kala itu hancur total. Hampir keseluruhan tegel-tegel terkelupas dari lantai.

Bahan yang terbuat dari kayu seperti kosen-kosen jendela dan pintu pun ikut hangus. Keseluruhan kaca-kaca dari jendela dan pintu tak ada lagi yang utuh. 

Baca Juga : Glenn Fredly Meninggal Dunia Tepat setelah 40 Hari Kelahiran Anak Pertamanya

Penasehat ahli bangunan P Schelvis menyimpulkan gedung memerlukan perbaikan secara menyeluruh dengan perkiraan biaya sekitar f 92.800,00 sedangkan untuk perluasan bangunan diperlukan biaya sekitar f 45.000,00 . Florin dengan simbol f merupakan satuan mata uang yang dipakai di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. 

Akhirnya, pada tanggal 28 Juli 1948 Kantor Bank Indonesia Cabang Malang yang 'baru secara resmi dibuka kembali oleh Presiden Dr. R.E. Smits lewat upacara kecil. (*)

Topik
perbankan di malangBank Indonesia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru