MalangTIMES Today's History

1934, Adolf Hitler Hapuskan Pemerintah dari Berbagai Negara Bagian Jerman

Jan 30, 2017 11:29
Adolf Hitler (Foto via Biograpgy)
Adolf Hitler (Foto via Biograpgy)

MALANGTIMES - Apa saja peristiwa yang terjadi tepat pada tanggal 30 Januari ini? Simak selengkapnya di MalangTIMES Today's History berikut ini :

30 Januari 2005

Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun, warga Irak memberikan suara mereka dalam pemilu yang demokratis.

30 Januari 1972

Selama pawai protes Katolik Roma di kota Londonderry (Derry), Irlandia Utara, pasukan Inggris menembak kerumunan dan menewaskan 13 orang; peristiwa ini dikenal baik sebagai “Pembantaian Derry” dan “Bloody Sunday.”

30 Januari 1968

Saat Vietnam menandai liburan yang disebut Tet, tentara Vietnam Utara dan Viet Cong meluncurkan serangan besar-besaran tiga minggu terhadap pasukan AS dan Vietnam Selatan selama Perang Vietnam.

30 Januari 1948

Perintis penerbangan Amerika, Orville Wright, yang dengan saudaranya, Wilbur, menemukan pesawat terbang pertama yang sukses, meninggal dunia.

30 Januari 1948

Mahatma Gandhi, yang telah memimpin India mencapai kemerdekaan menggunakan taktik tanpa kekerasan dan pembangkangan sipil, dibunuh di Delhi oleh seorang fanatik Hindu.

30 Januari 1945

Kapal Jerman, Wilhelm Gustloff, yang membawa lebih dari 10.000 orang Jerman (kebanyakan pengungsi) melarikan diri sebelum tentara Soviet datang ke Polandia ditenggelamkan di Laut Baltik oleh kapal selam Soviet; 9.343 orang tewas dalam bencana laut terburuk dalam sejarah ini.

30 Januari 1934

Adolf Hitler menghapuskan pemerintah dari berbagai negara bagian Jerman termasuk Prussia, sehingga Jerman tidak lagi menjadi negara federal.

30 Januari 1933

Presiden Jerman Paul von Hindenburg, setelah gagal mencapai stabilitas di bawah rezim yang dipimpin oleh politisi yang lebih konvensional, menunjuk Adolf Hitler sebagai kanselir Jerman.

30 Januari 1649

Raja Charles I dari Inggris dipenggal, yang divonis -menyusul kekalahannya dalam Perang Sipil Inggris- karena ingin “menggulingkan hak-hak dan kebebasan rakyat”. (*)

Topik
30 JanuariTodays History

Berita Lainnya

Berita

Terbaru