Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Malang Yudhi K Ismawardi (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Malang Yudhi K Ismawardi (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menghadapi serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang beberapa waktu yang lalu kabarnya sempat merebak, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Malang membentuk tim guna melakukan pengawasan serta penertiban terhadap TKA yang masuk ke Kota Malang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Malang Yudhi K Ismawardi menjelaskan, bahwa tim pengawasan nantinya akan beranggotakan dari 3 tiga bidang yang ada di Disnaker yakni bidang penempatan tenaga kerja, bidang pelatihan kerja dan juga hubungan industrial. 

"Nantinya tim akan mendata dan juga mendata ulang TKA yang sebelumnya sudah tinggal, saat ini sendiri bidang pengawasan yang sebelumnya ada di bawah Disnaker sudah beralih ke provinsi," tandasnya.

Yudhi melanjutkan, tim tersebut akan melakukan pengetatan per 1 Februari yang nantinya juga akan bekerjasama dengan unsur lain seperti imigrasi ataupun pihak kepolisian.

"Terkait kerjasama, kami masih menunggu hasil evaluasi dari tim pengawasan yang melibatkan beberapa bidang  untuk langkah selanjutnya," bebernya.

Sementara itu, terkait data TKA yang terdaftar di Dinsnaker, Yudhi mengungkapkan bahwa yang paling mendominasi adalah TKA asal Amerika yang berjumlah sekitar 12 orang, Saat ini yang terdaftar ada sekitar 51 TKA yang berasal dari berbagai negara diantaranya seperti Australia, Amerika, Inggris, Filiphina, Korea.