Mahasiswa yang Sekaligus Pekerja

Dosen UM : Tidak Masalah, Asal Mahasiswa Bisa Bagi Waktu

Jan 19, 2017 18:45
Dosen UM, Francisca Maria Ivone (Foto: Istimewa)
Dosen UM, Francisca Maria Ivone (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Mahasiswa Malang yang bekerja di kafe sebagai pekerja paro waktu, bukan tidak mungkin berakibat pada aktivitas belajar mereka di kampus.

Baca Juga : Mahasiswa di Malang Kritik Aksi Perusak Lingkungan Lewat Lukisan

Bila artikel sebelumnya telah menjelaskan dua mahasiswa yang bekerja paro waktu di kafe serta pemilik kafe yang mempekerjakan mahasiswa. Maka, kali ini MalangTIMES melihat dari sudut pandang pengajar. 

Dosen Universitas Negeri Malang (UM) Francisca Maria Ivone tak mempermasalahkan mahasiswanya yang memang cukup banyak nyambi kerja.

"Pengalaman kerja sejak dini perlu memang. Tapi terkadang mahasiswa tidak siap untuk disiplin waktu dan mengatur jadwal sehingga ada kegiatan yang harus dikorbankan," ujar doktor jebolan University of Queensland Australia itu pada MalangTIMES, Kamis (19/1/2017).

Mahasiswa bekerja paro waktu menurut dosen cantik itu sudah biasa dan bukan masalah. Apalagi bila ada mahasiswa yang gagal studi karena alasan bekerja.

Baca Juga : FSP Moodier, Inovasi Parfum Karya Mahasiswa UM dengan Wadah Fidget Spinner

"Jadi bukan kerja paruh waktu yang jadi masalah, tapi mengatur waktu supaya berhasil dalam bekerja dan belajar itu yang menjadi masalah," lanjut dosen yang akrab disapa Ivone itu. 

Lebih lanjut, Ivone mengaku bila mahasiswa yang bekerja paro waktu biasanya punya kebiasaan tidak baik bila masuk kelas. "Kadang bolos, telat, kalau tidak begitu ya tidur di kelas," ungkapnya. 

Bila sudah menemui mahasiswa yang demikian, Ivone melakukan hal ini. "Biasanya saya tanya, tegur, dan kalau bisa saya minta perbaiki. Kalau tidak mempan ya sudah salah sendiri," pungkasnya. (*)

Topik
mahasiswa pekerjadosen um

Berita Lainnya

Berita

Terbaru