2017, Pemkot Malang Bakal Realisasikan Pembangunan Monorail

Jan 04, 2017 17:42
Wali Kota Malang, H. M. Anton (Foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Wali Kota Malang, H. M. Anton (Foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Upaya untuk mengurai kemacetan, Pemerintah Kota Malang melakukan terobosan di tahun ini, bakal membangun monorail dengan menggandeng para investor. 

Baca Juga : Semarak 70 Tahun Koperasi, Abah Anton Lepas 600 Peserta Gerak Jalan

"Tahapan sekarang ini sudah selesai proses Detail Engganering Design (DED). Jadi, sekarang kita masih menunggu dari pihak investor yang mendukung pembangunan monorail tersebut," kata Wali Kota Malang, H. M. Anton.

Pria pemilik N1 di Pemerintah Kota Malang tersebut. menjelaskan, rencana pembangunan jalan monorail dari titik pusat Kota Malang mulai dari depan Stasiun Kota Baru melewati Jalan Veteran sampai Kampus ITN Malang. 

"Kota Malang dibangun monorail untuk pertama kalinya sebagai percontohan bagi daerah lain. Kemungkinan pihak investor akan mengembangkan proyeknya di Kota Batu dan Kabupaten Malang," terangnya.

Rencana jalur pembangunan monorail sepanjang lima kilometer itu sudah menjadi target dari pihak investor. Selain itu, target monorail ini akan menyasar dari kalangan pelajar dan mahasiswa. 

"Target mereka membangun monorail menyasar kepada kawasan pendidikan. Karena jalurnya akan melewati beberapa kampus dan sekolah di Kota Malang," tegasnya. 

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

Selain itu, untuk pembangunan monorail tersebut pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak akademisi. Ternyata, pihak akademisi sudah setuju dan tidak ada masalah. 

Disamping itu, sebelumnya investor juga mengajukan ke Pemkot Malang untuk pembangunan jalan tol dalam kota. Akan tetapi, proyek ini tidak direalisasikan dan tak produktif karena pembangunan banyak memakan lahan jalan. 

"Proyek itu tidak bisa kami kabulkan karena tidak memungkinkan dengan kondisi luas lahan jalan di Malang. Kalau monorail kan jelas memakan ruang yang lebih sedikit," ujar Abah Anton.

Topik
Pemkot MalangRealisasikan Pembangunan Monorail
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru