Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

MIN 1 Malang Isi Liburan dengan Belajar Bersama Guru Besar Okayama University Jepang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Redaksi

27 - Dec - 2016, 15:10

Profesor Masakazu Kita memberikan pembelajaran pada siswa, Selasa (27/12/2016) (Foto : Anggara/MalangTIMES)
Profesor Masakazu Kita memberikan pembelajaran pada siswa, Selasa (27/12/2016) (Foto : Anggara/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang kedatangan guru tamu istimewa dari Okayama University Jepang yakni Profesor Masakazu Kita.

Kedatangan rombongan dari Jepang ini bertujuan mengisi liburan ahkir semester dengan belajar bersama sejumlah siswa dari MIN 1 Malang kelas V dan kelas VI.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Terlihat anak-anak begitu semangat mengikuti paparan seputar ilmu sains oleh profesor tamu dari Jepang tersebut,  

Kepala Sekolah MIN Malang 1, Suyanto mengatakan sebenarnya kegiatan tersebut sudah diadakan sejak tahun lalu. Mahasiswa maupun Guru Besar dari Jepang sudah sering berbagi pengetahuan di lembaga yang dipimpinnya.

"Rombongan dari Jepang sebelumnya malah lebih banyak. Ada sekitar  11 orang. Kali ini hanya tiga orang. Mereka berbagi ilmu seputar sains, seperti pengaruh energi potensial karet pada kecepatan gerak mainan mobil, serta perkiraan cuaca dalam tinjauan sians," tandasnya.

Selain memberikan pengetahuan tambahan bagi siswa, lanjutnya, kunjungan kali ini juga bertujuan memberikan pengetahuan tambahan bagi guru.

Salah satunya tentang bagaimana cara memberikan pembelajaran yang berbeda. Mereka mengajarkan kepada para guru bagaimana mengemas proses pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

"Kami harapkan semuanya bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari para pengajar Okayama University ini. Siswa juga bisa menjadi lebih aktif berkomunikasi agar wawasannya lebih berkembang sehingga siap menerima tantangan dunia global," jelasnya.

Sementara itu, Guru Besar Okayama University, Profesor Masakazu Kita mengatakan kehadirannya di MIN 1 Malang dalam rangka exchange (perutakaran, red) khususnya terkait dengan beasiswa dari Jepang untuk anak-anak Indonesia maupun sebaliknya. 

"Di sini kami juga mengajarkan tentang sains, contohnya memberikan pancingan pemahaman kepada siswa bagaimana analisis secara sains mengapa air laut terlihat berwarna biru," tutupnya.


Topik

Pendidikan MIN-1-Malang Guru-Besar-Okayama-University-Jepang Belajar-Bersama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Redaksi