Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Inilah Makanan Unik dan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Penulis : Imam Syafii - Editor : Lazuardi Firdaus

13 - Dec - 2016, 11:03

Makanan unik rondo royal yang sampai sekarang masih eksis. (foto istimewa)
Makanan unik rondo royal yang sampai sekarang masih eksis. (foto istimewa)

JATIMTIMES, MALANG - Tahukah Anda bahwa Indonesia terkenal dengan beragam menu kuliner yang khas dan unik. Ternyata, keragaman kuliner Indonesia menyimpan keunikan dari nama dan bentuk menu makanannya. 

Menu makanan unik dan khas daerah itu mulai dari ujung Sumatera hingga ujung Papua. Berikut menu makanan yang unik di Indonesia dilihat dari nama dan bentuknya.

Pertama, rondo royal. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Jepara. Rondo dalam bahasa Indonesia berarti  janda. Rondo royal sangat sederhana dalam pembuatannya. Bahan dasar dari makanan ini adalah tape dan tepung terigu.

Kedua bahan ini sangat mudah Anda temui. Cara membuatnya dengan melumuri tape dengan tepung terigu kemudian menggorengnya. Sajikan makanan ini dalam keadaan hangat karena. akan bertambah nikmat saat mengonsumsinya. 

Makanan ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional di daerah Jepara. Namun, kini Anda juga dapat menemukannya di kafe-kafe dan restoran. Rondo royal juga sering disebut dengan monyos.

Kedua, tahu gimbal. Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Semarang. Bahan-bahan makanan ini terdiri atas tahu, kol, tauge, telur, dan lontong. Tahu gimbal disajikan dengan bumbu kacang cair.

Nama gimbal pada kuliner yang satu ini bukan karena pembuatnya berambut gimbal. Gimbal di sini diambil dari udang yang digoreng garing dengan tepung. Kemudian udang tepung goreng ini disajikan dengan tahu dan lontong yang disiram bumbu kacang tadi.

Ketiga, kue ketawa. Penganan yang satu ini memiliki kemiripan dengan onde-onde. Bentuk bulat dengan taburan wijen di atasnya. Bedanya adalah bahan dasar dan onde-onde memiliki isi yang biasanya kacang hijau. Sedangkan kue ketawa tidak.

Bukan karena setelah makan kue ini Anda bisa tertawa kemudian kue ini dinamakan kue ketawa. Tapi karena ada belahan menyerupai mulut yang sedang tertawa pada permukaannya. Selamat mencoba. Semoga Anda bisa tertawa seperti nama kue ini.

Keempat, kerupuk melarat. Siapa yang tidak tahu kerupuk? Makanan ini biasa menjadi teman makan atau mencadi camilan. Di beberapa daerah, kerupuk biasa menjadi camilan, dimakan dengan ketimun atau kecap lho. Kita bahas kerupuk yang satu ini. Namanya unik: kerupuk melarat.

Dalam bahasa Indonesia, melarat artinya miskin. Ya, kenapa begitu? Kerupuk yang satu ini tidak digoreng menggunakan minyak seperti kerupuk pada umumnya. Kerupuk melarat digoreng menggunakan pasir yang sudah dibersihkan sebelumnya. Kerupuk ini berasal dari Cirebon. Warnanya menarik. Ada merah muda, kuning, hijau dan putih. 

Kerupuk melarat ini juga bisa menjadi oleh-oleh jika Anda berkunjung ke Cirebon. Nah, itulah menu makanan unik dan khas dari berbagai daerah di Indonesia. (*)


Topik

Kuliner Makanan Unik Khas Berbagai Daerah Indonesia Makanan unik rondo royal eksis


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Lazuardi Firdaus