Peningkatan Perekonomian Nasional, Pemerintah Harus Unggulkan Infrastruktur dan Properti

Dec 02, 2016 21:13
Ratusan peserta mengikuti kegiatan Outlook Ekonomi 2017 di Hotel Savana Malang. (foto imam syafii/MalangTIMES)
Ratusan peserta mengikuti kegiatan Outlook Ekonomi 2017 di Hotel Savana Malang. (foto imam syafii/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG - Sekretaris Jenderal Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Pusat Dr Aviliani SE MSi punya gagasan agar perekonomian nasional semakin meningkat. Dia mengatakan bahwa pemerintah harus mengetahui produk yang bisa dikolaborasikan dengan negara lain.


Hal itu disampaikan Aviliani dalam kegiatan Outlook Ekonomi 2017 mengusung tema "Meningkatkan Peran Daerah dalam Perekonomian Nasional" di Hotel Savana, Jumat (2/12/2016) sore. Dalam acara itu, juga ada pelantikan pengurus ISEI Cabang Malang periode 2016-2019.

Baca Juga : Terdampak Covid-19, Ini 5 Upaya Joko Widodo Selamatkan Nasib Karyawan Selama Pandemi


Aviliani menjelaskan, untuk meningkatkan perekonomian nasional, juga diupayakan ada gerakan pemikiran dari pemerintah dalam mengatur strategi dan kebijakan bidang indutri. Misalnya, dukungan kebijakan dalam sektor industri yang berdaya saing serta strategi pengembangan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).


"Pemerintah harus mengunggulkan sektor infrastruktur dan properti kelas menengah. Sektor inilah yang dapat mengangkat perekonomian pengembangan ekonomi nasional," kata Aviliani di hadapan ratusan peserta.


Menurut dia, kondisi ekonomi dapat dilihat dari perkembangan angka-angka secara statistik. Angka tersebut merupakan representasi terhadap kondisi perekonomian yang terjadi dalam negeri.


Angka itu menunjukkan pergerakan perekonomian positif ataukah negatif  jika dibandingkan dengan periode waktu tertentu. Bagus tidaknya kondisi perekonomian negara tergantung dari kebijakan-kebijakan ekonomi yang ditentukan oleh pemerintah.

Baca Juga : Ekonomi Digital Indonesia Berkembang, Malang Masuk Diantaranya


"Seperti pengadaan barang dan membuat jalan merupakan kebijakan yang harus ditingkatkan pada perekonomian 2017 mendatang. Selain itu, pemerintah harus mengetahui produk mana yang dapat dikolaborasikan dengan negara lain," ujarnya.


Di samping itu, peningkatan perekonomian juga dilihat dari kebijakan dan disesuaikan dengan melihat situasi dan kondisi perubahan lingkungan. Dia melihat bahwa dunia akan mengalami siklus ekonomi dalam beberapa masa. "Sekarang sifatnya sangat mungkin berjalan singkat. Jadi, kebijakan harus lebih fleksibel," tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ekonomi NasionalPropertiInfrastrukturOutlook Ekonomi 2017

Berita Lainnya

Berita

Terbaru