Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Januari 2017 Smartphone 4G akan Dibatasi. Mengapa?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Redaksi

19 - Nov - 2016, 20:57

Deddy Hermawan, Staf Khusus Kementrian Kominfo (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Deddy Hermawan, Staf Khusus Kementrian Kominfo (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Per 1 Januari 2017, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan baru yakni membatasi gadget-gadget/smarphone dengan jaringan 4G yang tidak mengandung kandungan lokal sebesar 40 persen.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Kandungan lokal yang dimaksud adalah keterlibatan anak negeri menjadi bagian terpenting dalam proses produksi dan pengembangan smartphone. Misalnya, Apple harus melibatkan anak Indonesia membuat aplikasi  ke konten mereka.

Deddy Hermawan Staf, Khusus Kementrian Kominfo mengatakan pemerintah sudah meminta Apple dan produsen smartphone lainnya agar mereka membangun Research and Development (RnD).

"Syaratnya itu agar mereka tetap bisa berjualan di Indonesia mereka harus bangun Research and Development "terangnya.

Deddy melanjutkan, Program RnD itu nantinya akan melibatkan kampus-kampus dengan harapan para insan kampus ini bisa menangkap peluang yang besar ini.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Ditambahkan, dengan cara memberikan syarat produsen gadget untuk berjualan ini diharapkan industri konten dalam negeri akan tumbuh pesat. 

"Jadi kalo dia (Apple) bisa menampung aplikasi yang dibuat orang Indonesia, maka akan kita beri point bobot 40 persen sebagai kandungan lokal itu,"terangnya. 


Topik

Tekno gadget smartphone jaringan-4G


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Redaksi