Akhirnya Unicode Menyetujui Emoji Berhijab

Nov 17, 2016 19:14
Illustrasi via Digitaltrends.com
Illustrasi via Digitaltrends.com

MALANGTIMES - Emoji merupakan salah satu gambar yang dapat mewakilkan perasaan atau pun emosi seseorang dalam mengirim pesan.

Tidak dipungkiri bahwa emoji sudah menjadi bahasa kedua di dunia yang dapat menyampaikan emosi dengan cara yang lebih menyenangkan.

Kini emoji semakin inklusif. Pada pertemuan yang ke 149 kamis (10 N0vember 2016) lalu, Unicode Consortium menyetujui 56 emoji baru.

Diantara emoji baru tersebut yaitu emoji berhijab dan emoji menyusui. Kita akan dapat mengirim pesan kepada teman dan orang terdekat kita dengan emoji-emoji baru tersebut segera.

Unicode merupakan suatu standar industri yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer.

Penambahan emoji baru pada keyboards dilakukan setelah banyak orang yang mengajukan proposal ke Consortium mengenai desain emoji nya.

Beberapa emoji baru yang disetujui seperti emoji berhijab pastinya, emoji menyusui, orang yang sedang duduk pada posisi lotus, irisan daging, sandwich, T.rex, pria berjanggut, pria dengan satu mata tertutup, dan juga vampir. Emoji kakek nenek juga ditambahkan karena kurangnya ikon untuk kakek nenek.

Proposal emoji hijab ini berdasarkan laporan di Huffington Post, berasal dari Rayouf Alhumedhi, remaja berusia 15 tahun dari Arab Saudi yang pada awal tahun ini mengusulkan ditambahkannya emoji berhijab pada keyboards.

"Kira-kira 550 juta wanita Muslim di bumi ini bangga mengenakan jilbab. Dengan jumlah orang yang sangat besar, tidak satu ruangpun pada keyboard disediakan untuk mereka," tulisnya dalam proposal, yang mendapat dukungan dari banyak orang, termasuk pendiri dari Reddit.

Rangkaian emoji baru itu akan dimasukkan ke Unicode 10, versi terbaru dari set karakter. 

Meskipun begitu, tidak ada jaminan perusahaan smartphone akan menambahkan emoji ini pada smartphone mereka, mengingat perusahaan smartphone seperti Apple baru akan menambahkan set karakter emoji versi sebelumnya, yaitu Unicode 9.

Topik
Emoji BerhijabUnicode

Berita Lainnya

Berita

Terbaru