Ciptakan Generasi Muslim, Anak TK/RA Dikenalkan Manasik Haji

Nov 15, 2016 15:56
Suasana pengenalan manasik haji kepada anak-anak TK/RA se Kecamatan Pakisaji yang diikuti 3.500 orang, Selasa (15/11/2016) (Foto : Nana/MalangTIMES)
Suasana pengenalan manasik haji kepada anak-anak TK/RA se Kecamatan Pakisaji yang diikuti 3.500 orang, Selasa (15/11/2016) (Foto : Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Gedung Islamic Center yang berada di Jl. Trunonoyo Kepanjen Kab. Malang sejak pagi, Selasa (15/11/2016) telah dipenuhi keriangan anak-anak TK/RA se-Kecamatan Pakisaji.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Beasiswa LPDP ke Luar Negeri Ditunda Tahun Depan

Dengan pakaian Ihrom (pakaian wajib saat melaksanakan haji dan umroh, red) sekitar 3.500 orang, baik anak-anak dan para ibu yang mendampinginya dengan khusyu mengikuti kegiatan pengenalan manasik haji yang diselenggarakan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Muslimat (IGTKM) Anak Cabang Pakisaji.

"Kegiatan dua tahunan ini dimaksudkan agar tercipta generasi muslim yang kuat dan utuh, terutama di kalangan anak-anak usia dini,"kata Nik'matul Choiroh, Panitia Kegiatan Manasik Haji, Selasa (15/11/2016).

Nik'matul juga menyampaikan pengenalan manasik haji bagi anak-anak sebagai generasi penerus Islam menjadi bagian penting dalam memperkuat keimanan.

"Usia anak-anak TK menjadi lahan bagi pertumbuhan keimanan, karena itu pengenalan manasik haji masuk dalam kurikulum pelajaran di TK/RA,"lanjutnya.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Antusias anak-anak mengikuti manasik haji begitu tinggi. Terlihat dari wajah-wajah polos yang tidak mengenal lelah saat mengikuti seluruh prosesi haji. Keceriaan menjadi warna yang mendominasi kegiatan manasik haji ini.

Rangkaian acara yang diikuti oleh 32 kloter ini serupa dengan melaksanakan haji atau umroh, yaitu dimulai dengan pemberangkatan, kegiatan Maktab, kegiatan di Arofah, kegiatan di Muzdalifah dimana peserta mencari kerikil sebanyak 12 kali.

Setelah kegiatan tersebut, panitia juga memandu prosesi kegiatan di Mina dan di Makkah.
Kemundang bacaan Talbiyah, labbaikallaahumma labbaika...terus bergema mengiring para peserta memutari replika ka'bah.

Topik
Edukasi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru