USB Bisa Deteksi HIV, Apa Mungkin?

Nov 12, 2016 13:27
Usb stick HIV (Imperial College London/DNA Electronics)
Usb stick HIV (Imperial College London/DNA Electronics)

MALANGTIMES - Teknologi diera serba digital ini kian canggih, salah satunya ditandai dengan munculnya berbagai penemuan baru.

Dari sisi ini perkembangan teknologi  memiliki dampak positif yang luar biasa bagi kehidupan, termasuk untuk pengembangan ilmu kesehatan dan kedokteran. 

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Kemajuan teknologi ini juga mendorong pesatnya penelitian dalam bidang kesehatan, salah satunya ditemukannya berbagai obat dan alat yang berguna bagi pemeriksaan kesehatan.

Saat ini, bahkan telah ditemukan suatu perangkat yang bisa mendeteksi HIV oleh para ilmuwan. 

Para ilmuwan yang berasal dari Imperial College London, Inggris berhasil menciptakan sebuah alat canggih berbentuk USB yang dapat digunakan untuk tes HIV bekerjasama dengan sebuah perusahaan teknologi DNA Electronics.

Cara kerja dari USB stick ini untuk keperluan tes HIV hanya cukup dengan satu tetes darah yang digunakan untuk mengukur kadar HIV-1. 

Perangkat USB ini akan menciptakan sinyal listrik yang saat dimasukkan ke komputer atau perangkat mobile akan menunjukkan hasilnya secara langsung. 

Tentu saja dengan menggunakan perangkat ini tes pun bisa setiap saat dilakukan oleh pasien HIV untuk mengetahui perkembangan pengobatan mereka. Termasuk juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang jauh dari tempat berobat seperti rumah sakit. 

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

USB ini cukup canggih, dalam kurun waktu kurang dari 30 menit saja, USB ini sudah dapat mengeluarkan hasil akurat dari tes yang dilakukan.

Journal Scientific Reports atau Laporan Ilmiah menyatakan alat ini memiliki akurasi sekitar 95 persen dari 991 sampel darah yang diuji.

Meski masih dalam tahap pengembangan, namun hasil inovasi teknologi ini akan sangat membantu memudahkan siapa saja yang ingin mengecek apakah dirinya mengidap HIV Aids atau tidak.

Termasuk membantu para pengidap penyakit mematikan ini memantau perkembangan proses pengobatan yang sedang dijalaninya.

Topik
USB Deteksi HIVDNA Electronics

Berita Lainnya

Berita

Terbaru