Harga Cabai Kian Meroket, Kabupaten Malang Butuh Segera Lumbung Cabai

Nov 11, 2016 16:37
Penjual Cabai di Pasar Kepanjen mengeluhkan harga cabai yang terus naik (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Penjual Cabai di Pasar Kepanjen mengeluhkan harga cabai yang terus naik (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Prediksi harga cabai sampai akhir tahun yang pernah dimuat MalangTIMES (18/10/2016) bisa mencapai Rp 100 ribu/kg di pasar tradisional Jakarta dan di pasar daerah sekitar Rp 80 ribu/kg, kian nyata. 


Hal ini terlihat dari terus naiknya harga cabai di pasar-pasar Daerah Kabupaten Malang dari bulan lalu (September). "Harga cabai terus mengalami kenaikan harga, terutama cabai merah," kata H. Khozien, Ketua Persatuan Pedagang Pasar Kabupaten Malang (P3KM), Jum'at (11/11/16) .

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang


Kenaikan harga cabai, terutama cabai rawit di pasaran mencapai Rp 45 ribu/kg dari bulan lalu dengan harga cabai Rp 15 ribu/kg. Sedangkan cabai merah harganya kini mencapai Rp 45 ribu/kg dari harga Rp 20 ribu/kg.

 

H. Khozein, Ketua P3KM saat ditemui di Kantornya (11/11)


Endang, pemilik toko bumbu Sopo Ngiro di Pasar Kepanjen, Kabupaten Malang membenarkan adanya kenaikan harga cabai.
"Naiknya sudah dari bulan kemarin. Tetapi memang tidak langsung naik drastis, sedikit-sedikit naiknya setiap hari naik sekitar Rp 5 ribu," lanjut dia. 
"Cabai rawit yang sangat banyak naiknya, mas. Hingga saat ini, per kilogramnya mencapai Rp 60 ribu," keluh Endah. 


Pedagang lain di Pasar Kepanjen, Suma, juga mengeluhkan hal sama. Selain cabai rawit, cabai merah juga ikut-ikutan naik.
"Sekarang satu kilogramnya Rp 45 ribu dari harga Rp 20 ribu. Kenaikannya mulai terjadi di minggu lalu," kata perempuan berjilbab ini.


Di Pasar Kepanjen, selain cabai, bawang merah juga mengalami kenaikan harga. Satu kilogramnya saat ini mencapai Rp 45 ribu dari harga sebelumnya yaitu Rp 25 ribu.
"Setelah bawang merah, bawang putih juga naik walaupun tidak banyak, yaitu Rp 2 ribu. Jadi sekarang harganya perkilogram Rp 32 ribu," kata Suma.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf


Kenaikan harga dua jenis sayuran ini dikarenakan musim hujan yang panjang yang membuat petani cabai banyak yang gagal panen. Selain itu rantai pasok distribusi cabai dan bawang juga masih panjang.


"Faktor-faktor tersebut yang mengerek cabai dan bawang harganya naik terus di pasaran," kata H Khozein yang juga berharap pemerintah melalui Kementerian Pertanian segera merealisasikan program lumbung cabai di Malang.

Topik
Harga Cabai NaikKabupaten Malang Butuh Lumbung CabaiPedagang Mengeluh

Berita Lainnya

Berita

Terbaru