Illustriasi via Manado.tribunnews.com
Illustriasi via Manado.tribunnews.com

MALANGTIMES - Bagi pecinta game,  game online pasti tidak asing dalam kehidupan mereka. Dengan semakin mudahnya akses internet, game online dapat dimainkan dengan mudah dimanapun baik dari komputer atau pun smartphone.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Penikmatnya pun beragam mulai kalangan anak-anak sampai dewasa. Meskipun game adalah permainan yang menyenangkan dan dapat menjadi media hiburan, namun ternyata bermain game online dapat mengakibatkan beberapa dampak negatif jika sudah mencapai pada tahap kecanduan.

Seperti penelitian dari Young pada tahun 1996, bahwa game online dapat menjadi pengganti interaksi sosial dalam dunia nyata dan menjadi pelarian dari realitas bagi pengguna.

Perilaku kecanduan game online merupakan upaya pengalihan dari permasalahan yang dialami dalam kehidupan nyata. Selain dampak tersebut,  inilah beberapa dampak negatif dari kecanduan game online.

  1. Game online mengakibatkan pengisolasian sosial sehingga hubungan dengan keluarga dan teman menjadi tidak baik.
  2. Remaja bisa saja kurang berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.
  3. Kepercayaan diri menjadi rendah
  4. Kurang mampu mengontrol hidupnya, apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan.
  5. Tidak dapat mempertahankan hubungan dalam waktu yang lama
  6. Bermain game online berlebihan akan menghabiskan waktu secara sia-sia
  7. Tidak mampu mengatasi stres dengan cara yang sehat
  8. Perkembangan psikososial akan terganggu secara signifikan
  9. Dapat menjadi orang yang boros uang, karena game online membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit jika sering dilakukan dalam waktu yang lama.

Dari dampak-dampak negatif kecanduan game online tersebut, kita pasti akan berpikir ulang jika akan bermain game terlalu lama.

Daripada menghabiskan waktu untuk bermain game online yang banyak dampak negatifnya, lebih baik membatasinya dengan beberapa aktivitas yang bermanfaat.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Contohnya mengarahkan perilaku dan waktu pada kegiatan sosial seperti aktif di organisasi. Dengan begitu seseorang akan lupa terhadap keinginannya bermain game online.